SAKA KALPATARU GELAR AKSI JEMPUT SAMPAH

Kabupaten Banyumas

 

SAKA KALPATARU GELAR AKSI JEMPUT SAMPAH

 

PURWOKERTO – Satuan Karya (Saka) Kalpataru Kwarcab Banyumas melaksanakan aksi jemput sampah guna mendukung suksesnya program kebersihan kota sekaligus mendukung program bank sampah sebagaimana edaran Bupati Banyumas tentang kewajiban mengumpulkan sampah anorganik. Saka Kalapatu bentukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mempunyai kecakapan dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup bagi generasi muda di Kabupaten Banyumas.

 

Pamong Saka Kalpataru Subarkah Setionegoro mengatakan, aksi kepedulian Saka Kalpataru dalam mengumpulkan sampah (jemput sampah) dimulai sejak 2014 hingga saat ini. Pada bulan Januari 2017 sudah melakukan kegiatan yang difokuskan di tempat tempat umum seperti Alun-alun dan tempat keramaian lainya.

 

“Untuk bulan Januari ini, setiap malam minggu Saka Kalpataru bersama Duta Lingkungan melakukan edukasi dan jemput bola. Adik-adik mengingatkan kepada pengunjung dan pedagang agar membuang sampah pada tempat-tempat yang telah disediakan,” katanya Senin (30/1) usai rapat dinas.

 

Menurut Barkah walaupun Banyumas telah memperoleh Piala Adipura, tetapi masih banyak warga yang belum peduli terhadap sampah, masih ada yang mebuang sampah sembarangan di alun-alun dan tempat lainya, walupun sudah beberapa titik disediakan tempat sampah.

 

 “Saka Kalpataru ini dibentuk sebagai wujud kepedulian dari adik-adik pramuka terhadap lingkungan sekitar, terutama tempat umum seperti Alun-alun” ujarnya.

 

Saka Kalpataru juga turut membuat program yang nantinya akan menguntungkan bagi lingkungan sekitar. “Ada 3 program yang kita canangkan, yakni aksi jemput sampah, aksi cabut paku pada pohon dan aksi bersih-bersih sore” pungkas kakak pembina Saka Kalpataru.

 

 


Selasa, 31 Januari 2017