Acara Memeriahkan Hari Jadi Banyumas ke 446

Kabupaten Banyumas

 

 Acara Memeriahkan Hari Jadi Banyumas  ke 446

 

PURWOKERTO – Hari Jadi Ke-446 Banyumas tahun ini bakal dimeriahkan 12 acara. Acara utama dipusatkan di Alun alun Banyumas, Alun-alun Purwokerto, dan Gelanggang Olah Raga (GOR) Satria Purwokerto.

 

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas, Muntorichin, menjelaskan, kegiatan perdana dibuka dengan pencanangan gerakan melawan hoax kerja sama dengan PWI pada saat Car Free Day di Alun-alun Purwokerto, Minggu (12/6) pagi mendatang.

 

Selanjutnya, rangkaian gelar budaya digelar pada 17- 24 Februari. ”Jumat (17/2), ada ziarah makan Bupati Jaka Kaiman dilanjutkan dengan Tasyakuran dan Ruwatan Hari Jadi, Boyongan Replika Saka Guru Si Panji secara estafet di 16 titik dan berakhir di Pendapa Si Panji Purwokerto,” katanya, kemarin.

 

Muntorichin menambahkan, Sabtu (18/2) di Taman Rekreasi Andhang Pangrenan ada Stand Up Comedy berbahasa banyumasan yang diikuti pelajar SD dan SMP se-Banyumas. Lomba ini bertujuan mencari bibit pelawak muda. ”Banyumas dikenal sebagai gudang pelawak yang terkenal. Kami menyediakan ruang untuk mengangkat bibit-bibit baru,” ujarnya.

 

Masih menurut Muntorichin, acara yang paling ditunggu masyarakat yakni Kirab Pusaka dan Pinunjuling Praja, digelar Minggu (19/2).

 

Seperti biasa, arak-arakan dimulai dari Pendapa Wakil Bupati Banyumas menuju ke Pendapa Si Panji Purwokerto. Rangkaian acara masih dilanjutkan dengan Upacara Peringatan Hari Jadi dan Rapat Paripurna Sidang Istimewa, Rabu (22/2).

 

Selain gelar budaya ini, panitia peringatan Hari Jadi Banyumas juga mengundang artis papan atas seperti band Kotak dan Naff pada malam resepsi di GOR Satria Purwokerto, Jumat (24/2) malam.

 

Kepala Bidang Kebudayaan Dinporabudpar Banyumas, Deskart Sotyo Jatmiko mengatakan pada hari yang sama, pedangdut Susi, Bintang Pantura, juga ikut memeriahkan gelaran di GOR Satria pada pagi harinya.

 

Sebagai acara tambahan, sambung Deskart, Habib Syech Abdul Kodir Assegaf hadir dalam acara ”Banyumas Bershalawat” di Lapangan Desa Tambaksari Kidul, Kecamatan Kembaran, Selasa (14/2) malam.

 


Selasa, 07 Pebruari 2017