12 PASKIBRA SMA IKUTI LOMBA BARIS BERBARIS

Kabupaten Banyumas

 

12 PASKIBRA SMA IKUTI LOMBA BARIS BERBARIS

 

PURWOKERTO-Sebanyak 12 kelompok Pasukan Pengibar Berdera (Paskibra) dari SMA dan SMK di Banyumas mengikuti lomba tata upacara dan lomba baris berbaris yang digelar oleh Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas, di Komlek GOR Satria Purwokerto. Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinporabudpar Muntorichin, Selasa (28/2) di Gedung Fulsal GOR Satria Purwokerto.

 

Muntorchin berharap ajang lomba lomba Tata Upacara Bendera (TUB) dan Peraturan Baris Berbaris (PBB) tingkat SLTA (SMA dan SMK) se Kabupaten Banyumas dapat dijadikan tempat untuk menanamkan disiplin dan menimgkatkan rasa cinta tanah air..

 

“Saya mengharapkan kepada para siswa khususnya peserta lomba untuk benar benar mengikuti kegiatan dengan baik untuk bekal kedepan, Jadikan lomba ini cambuk untuk menanamkan kedisiplinan, meningkatkan rasa bela negara dan mentaanti aturan yang ada, untuk diaplikasikan dalam kehidupan dilingkungannya masing-masing, jadi tidak sekedar mencari kemenangan,” katanya.

 

Kabid Kepemudaan Dinporabudpar,Ide Nyoman Gde Rochsari mengatakan peserta untuk tahun ini diikuti 12 sekolah, dilaksanakan selama 2 hari mulai hari ini selasa (28/2) sampai dengan Rabu (1/3) besok.

 

“Materi lomba yaitu TUB terdiri dari Unsur pengaturan upacara, Unsur pembina upacara dan pembawa teks pancasila, Unsur pembawa upacara, Unsur pimpinan upacara, Unsur pembaca teks UUD 45, Unsur kelompok paduan suara, Unsur pengibar bendera dan Unsur pembaca doa. Masing-masing tim terdiri dari 21 orang termasuk, Pembina dan official, untuk siswa hanya 19 orang setiap sekolahnya” katanya

 

Sedangkan untuk Peraturan Baris Berbaris (PBB) terdiri dari Unsur gerakan di tempat, Unsur gerakan berhenti ke jalan, Unsur berjalan ke berjalan, Unsur gerakan berjalan ke berhenti, Unsur danton, Unsur parade dan defile. “Kami mengambil Juri dari berbagai unsur militer dan sipil” tambahnya.

 

Sari menambahkan nantinya pemenang akan mengikuti lomba yang sama ditingkat eks Karesidenan. Untuk tahun sebelumnya yang menjadi Juara I SMA N 1 Purwokerto.

 


Selasa, 28 Pebruari 2017