Jalan Alternatif Sokaraja-Kalibagor Segera Dilebarkan

Kabupaten Banyumas

 

Jalan Alternatif Sokaraja-Kalibagor Segera Dilebarkan

 

PURWOKERTO – Pemkab Banyuymas segera merealisasi pelebaran jalan alternatif yang menghubungkan Sokaraja-Kalibagor pada tahun ini. Jalan itu diharapkan dapat memecah simpul kemacetan yang kerap terjadi di jalan utama Sokaraja. Saat ini proses pembangunan tersebut, sudah memasuki tahab lelang.

 

Kabid Pembangunan Jalan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Banyumas, Ahmad Taufik, mengatakan menurut rencana jalan sepanjang empat kilometer itu akan dilebarkan dua meter. Masing-masing satu meter di sisi kanan dan satu meter di sisi kiri.

 

”Jalan tersebut saat ini memiliki lebar sekitar lima mater. Dengan pelebaran menjadi tujuh meter, diharapkan dapat memperlancar arus lalu lintas. Jalan tersebut biasanya ramai digunakan pada saat lebaran,” katanya.

 

Dia mengatakan untuk tahap awal, pihaknya hanya akan melakukan pelebaran dengan cara betonisasi di sisi kanan dan kiri jalan. Pengaspalan jalan baru akan dilakukan dalam perencanaan selanjutnya.

 

Menurut Achmad Taufik alokasi anggaran untuk pelebaran jalan tersebut sebesar Rp 3 miliar yang bersumber dari APBD.

 

Seperti diketahui Pemkab tengah merancang pembangunan jalan lingkar Sokaraja. Pembangunan jalan lingkar diperlukan untuk menghindari kemacetan di jalan utama Sokaraja, khususnya pada pagi, sore hingga malam hari. Saat ini, sedikitnya terdapat tiga titik kemacetan di Wilayah Sokaraja..

 

Yakni di jalan utama Sokaraja, dimana banyak terdapat toko oleh-oleh khas Banyumas. banyak bus dan kendaraan roda empat yang berhenti di situ. Kemudian kemacetan juga terjadi di persimpangan lampu perah yang menuju Purbalingga dan Banyumas.

 

Hal itu disebebkan kendaraan dari masing-masing simpul, yakni Purwokerto, Purbalingga dan Banyumas sangat padat, ditambah dua persimpangan kecil di sekitar lokasi.

 

Kemacetan juga biasanya terjadi di sekitar Pasar Sokaraja pada pagi dan siang hari. Di sekitar lokasi sering digunakan sebagai tempat bongkar muat barang. Selain itu terdapat pangkalan becak dan ojek di tepi jalan.

 

Parsito


Kamis, 02 Maret 2017