Pemkab Alokasikan Dana Bergulir Rp 1,1 Milyar

Kabupaten Banyumas

Pemkab Alokasikan Dana Bergulir Rp 1,1 Milyar

* Disalurkan kepada 32 Kelompok UMK

 

PURWOKERTO,- Pemerintah Kabupaten Banyumas melalui Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinakerkop UKM) Kabupaten Banyumas dalam waktu dekat akan menyalurkan pinjaman dana bergulir sebesar Rp 1,1 milyar. Dana tersebut disalurkan kepada 32 kelompok usaha mikro dan kecil (UMK) yang tersebar di 16 wilayah kecamatan.

Tiap-tiap kelompok UMK menerima pinjaman yang jumlahnya bervariasi, yakni antara Rp 20 hingga Rp 60 juta rupiah.

"Besaran pinjaman disesuaikan dengan banyaknya jumlah anggota kelompok dan jenis usaha yang digeluti para anggotanya," kata Kepala Dinakerkop UKM, Ir Wisnu Hermawanto MP, kemarin.

Adapun teknis pencairannya, menurut Wisnu, disalurkan melalui PD BPR BKK Purwokerto. Secara simbolis bantuan dana bergulir akan disampaikan Bupati Banyumas Ir H Achmad Husein kepada pengurus kelompok UMK, masing-masing diwakili oleh Ketua dan Bendahara.

"Untuk penyerahan bantuan tahap pertama diagendakan awal pekan depan, bertempat di Graha Satria Kabupaten Banyumas," ujar Wisnu.

Dari 32 kelompok UMK calon penerima bantuan, tercatat sebanyak 376 pelaku UMK dengan berbagai jenis usaha yang digeluti.

"Saya sangat berharap bantuan dana bergulir nantinya dimanfaatkan secara baik untuk keperluan usaha. Bukan untuk kebutuhan yang bersifat konsumtif atau lainnya," kata Bupati Achmad Husein.

"Pemberian bantuan bergulir ini merupakan salah satu wujud perhatian dan wujud kepedulian Pemkab kepada UMK. Mereka adalah pelaku ekonomi yang berbasis kerakyatan dan harus kita support sehingga perekonomian masyarakat dapat terus bertumbuh," pungkas Bupati. (*)

 


Senin, 22 Mei 2017