RAMADAN, PERMATIF GELAR DONOR DARAH MALAM HARI

Kabupaten Banyumas

RAMADAN, PERMATIF GELAR DONOR DARAH MALAM HARI

 

BATURRADEN – Kegiatan donor darah yang dilaksanakan oleh Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) Permatif Desa Karangmangu Kecamatan Baturraden Banyumas, semakin diminati. Hal ini terlihat dengan meningkatnya jumlah pendonor yang hadir pada kegiatan Jum’at malam (9/6) di Balai RW Desa setempat.

Ketua PIK Permatif Ari Kuntoro mengatakan, kegiatan ini sudah rutin dilaksanakan sejak tahun 2013, menurutnya donor malam itu untuk yang ke 19 kali digelar oleh Permatif. Dan donor tetap berjalan meski bulan Ramadan, bahkan antusiasme pendonor darah, terlihat semakin bertambah.

 “Walaupun penyelenggaraannya di malam hari, banyak pendonor yang tetap datang, bahkan menunjukan tren meningkat sehinga terkumpul 44 pendonor, padahal biasanya kisaran 30-35 pendonor,” katanya

Sebagai penyelengara, Ari sangat mengapresiasi kehadiran pemuda dan masyarakat yang telah berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Ari berharap kegiatan ini bisa menjadi wadah positif bagi warga untuk kemanusiaan

“Kegiatan donor darah ini adalah bagian kegiatan sosial kemanusiaan yang dilaksanakan oleh Permatif. Dengan harapan bisa menginspirasi kepada komunitas lainya untuk melakukan hal yang sama agar ketersediaan darah di PMI dapat terjaga,” terang Ari

Salah satu pendonor yang juga pengurus Permatif, Eki Agus Purianto menyatakan kegiatan sosial kemanusiaan ini terbilang cukup sukses untuk menjalin persaudaraan antar anggota dan masyarakat. Ia berharap ke depan kegiatan ini bisa menjadi pendorong kegiatan sosial kemanusiaan lainnya.

“Semoga dengan kegiatan ini, dapat mendorong ketercukupan pasokan darah yang dibutuhkan oleh masyarakat wilayah Banyumas. Apalagi saat ini keberadaan bank darah di PMI Banyumas sangat dibutuhkan, tidak hanya masyarakat Banyumas saja” jelasnya.

Eki menambahkan selama kegiatan donor dirinya selalu mengikuti, sehingga tercatat dalam kartu Donornya sudah tercantum donor ke 19.


Senin, 12 Juni 2017