Alun-alun Purwokerto Segera Miliki Videotron

Kabupaten Banyumas

Alun-alun Purwokerto Segera Miliki Videotron


PURWOKERTO-Alun-alun Purwokerto dalam waktu dekat akan kembali memiliki videotron. Berbeda dari videotron sebelumnya, yang dibangun oleh sponsor, pembangunan tv raksasa dengan ukuran ukuran 4×8 meter ini merupakan gagasan dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Banyumas. Kalau content videotron sebelumnya 80 % merupakan iklan,videotron nantinya murni sebagai layanan informasi kepada masyarakat.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Banyumas, Drs Santosa Eddy Prabowo mengatakan, pembangunan videotron sudah diusulkan dalam anggaran di APBD Perubahan tahun ini. Menurutnya rencananya videotron akan ditempatkan di sisi pojok sebelah timur-selatan ALun-alun Purwokerto atau lokasi yang sama videotron sebelumnya.

“Anggaran sudah diusulkan di anggaran perubahan APBD. Kalau anggaran disetujui, pelaksanaan pembangunan langsung dilelang dan dikerjakan. Akhir tahun ini sudah selesai,” katanya.

Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Dinkominfo, Purwantoro, SH menjelaskan, tujuan pembangunan videotron sebagai sarana informasi kepada masyarakat, dengan konten acara seputar kegiatan perekonomian, pembangunan, pemerintahan, pendidikan, kesehatan dan kemasyarakatan di Kabupaten Banyumas. Selain itu, juga bakal dimanfaatkan untuk pemutaran film-film sejarah, video tentang potensi tiap desa hingga kecamatan, dan juga bisa digunakan untuk nonton bareng seperti pertandingan sepakbola, bulutangkis dan sejumlah event besar lainnya.

“Pembangunan ini sengaja untuk hiburan rakyat dan memang tidak dikomersilkan, sehingga tidak ada iklan, pesan-pesan moral termasuk pemutaran lagu-lagu perjuangan dan lainnya. Tayang rencana mulai pukul 08.00 sampai 12.00, kemudian istirahat dan dilanjutkan lagi dari pukul 16.00 sampai 22.00.Untuk pengelolaan akan ditangani oleh operator,merupakan personil dari Kominfo sendiri. Dan pengedalian dapat dilakukan dengan menggunakan jaringan, sehingga bisa diganti tayangannya melalui kantor,” tambah Purwanto.

Kasi Infrastruktur dan teknologi pada Dinas Kominfo Imam Munsyarif, S.Sos selaku pemimpin kegiatan mengatakan DED untuk pembangunan Videotron telah selesai dikerjakan. Selain pemasangan tv, pembangunan videotron juga akan dilengkapi pilar-pilar bangunan beton yang unik, dengan total luas bangunan 4×12 meter, dengan bangunan yang cukup menarik.

“Selain untuk memperoleh informasi, lokasi videotron juga bisa dipakai untuk ajang selfie masyarakat karena juga dibangun pilar-pilar yang iconik,” terangnya.


Senin, 04 September 2017