Perangkat Desa Se Kecamatan Sumbang Up Grade Kemampuan

Kabupaten Banyumas

 

Perangkat Desa Se Kecamatan Sumbang Up Grade Kemampuan

 

BANYUMAS : Kepala desa dan perangkatnya mempunyai tugas berat dalam menjalankan roda pemerintahan di tingkat desa. Menyikapi hal tersebut Pemerintah Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas, menggelar pembekalan dan peningkatan kapasitas Perangkat Desa. Kegiatan dilaksanakan 2 hari Jum’at-Sabtu (29-30/9) di Hotel Moroseneng Baturraden. 

Kegiatan dibuka oleh Bupati Banyumas Ir Achmad Husein.  Bupati mengapresiasi dan mendukung kegiatan peningkatan SDM aparatur desa yang dilaksanakan oleh Camat Sumbang, karena akan berdampak bagi kinerja mereka. Bupati berharap setelah pelatihan para perangkat dapat meningkatkan kapasitas, fresh dan segar serta akan menemukan ide yang cerdas dalam mempermudah pelayanan kepada masyarakat.

“Kepada para pemateri jangan terlalu tegang, lebih banyak pada permainan dan diskusi agar ilmu yang disampaikan lebih aplikatif,” pesan Bupati.

Bupati menambahkan peningkatan SDM aparatur desa melalui pelatihan, bimbingan teknis serta pendampingan merupakan kebutuhan perangkat desa seiring perubahan paradigma penyelenggaraan di pemerintahan desa, disamping itu banyak perangkat desa yang baru diangkat dengan latar belakang pendidikan yang bervariatif.

“Melalui forum ini juga saya meminta, agar lebih menekankan kerja sama dan gotong royong. Yang baik harus berbagi dengan yang kurang baik dan yang belum baik jangan malu bertanya kepada yang sudah baik, sehingga semua aparatur desa dapat menjalankan tugas, fungsi dan tanggungjawab pemerintah desa dalam meningkatkan pelayanan,” katanya.

Camat Sumbang Nungky Hari Rahmat mengatakan, pada kegiatan nantinya diikuti sebanyak 222 Kepala Desa dan Perangkat Desa sekecamatan Sumbang. Namun untuk tetap memberi pelayanan kepada masyarakat, setiap desa menugaskan dua perangkat untuk piket dibalai desa dan setelah usai jam dinas, mereka akan bergabung mengikuti diklat.

“Pelatihan bagi aparatur desa perlu terus ditingkatkan, agar ke depan aparatur desa mampu meningkatkan kinerja, disiplin, kemampuan manajerial dan profesional,” jelasnya

Menurut Nungky pelatihan dengan menggunakan Dana Desa itu baru pertama kali dilaksanakan di Kecamatan Sumbang, juga di Kabupaten Banyumas. Karena biasanya pelatihan Perangkat Desa diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten dengan peserta perwakilan dari perangkat desa .

Kepala Desa Banteran Edi Suhaedi sangat mendukung kegiatan yang digelar. Dirinya juga memberangkatkan semua perangkat desa dan menugaskan 2 orang untuk piket bilamana ada masyarakat yang membutuhkan pelayanan.

“Saya sangat mendukung kegiatan ini, dalam rangka peningkatan kapasitas perangkat desa agar lebih profesional dalam menjalankan roda pemerintahan desa, dan memajukan daerahnya” jelasnya.

 

 


Senin, 02 Oktober 2017