Baturrajazz, Ikon Wisata Alternatif di Banyumas

Kabupaten Banyumas

Baturrajazz, Ikon Wisata Alternatif di Banyumas

 

PURWOKERTO-Perhelatan Baturraden Jazz Festival (Baturrajazz) di Teater Alam Bukit Bintang, Desa Karangmangu, Kecamatan Baturraden, Sabtu (21/10) malam, diharapkan dapat menjadi ikon wisata alternatif di Banyumas. Konser musik itu dilengkapi dengan pajang karya seni rupa. 

Koordinator Baturrajazz, Prayitno mengatakan, konser musik ini berawal dari kegelisahan para pemuda desa Karangmangu dan pelaku wisata di kawasan Baturraden. Mereka ingin menggarap sebuah event yang menyuguhkan suasana malam yang eksotis di Baturraden. 

"Yang kami tawarkan kepada pengunjung adalah menyaksikan suguhan musik sekaligus menikmati pemandangan alam di malam hari," kata dia

Dia menambahkan, Baturraden sebagai destinasi andalan Banyumas sangat membutuhkan atraksi wisata yang digelar pada malam hari. Hal itu dinilai dapat mendongkrak jumlah pengunjung dan lama tinggal wisatawan. 

Untuk penyelenggaraan ketiga kali ini, Prayitno menggandeng seniman muda dari sejumlah Unit Kegiatan Mahasiswa di Purwokerto untuk menggarap areal panggung. Mereka menghiasi venue dengan karya seni rupa. 

Dari segi penampil, musisi muda Banyumas juga ikut unjuk gigi. Mereka menampilkan lagu garapan mereka sendiri. 

Adapun band dari Purwokerto yang tampil adalah Jess Kidding, Staccato, Brian and The Juno serta Sasmi Unsoed. Ditambah AbsurdNation dari Semarang dan bintang utama musisi jazz kenamaan Barry Likumahuwa. 

Lewat Baturrajazz, anak-anak muda Baturraden setidaknya telah mencontohkan bagaimana mereka tak hanya berpikir tentang kegiatan yang berunsur hiburan semata. Mereka sejatinya telah memikirkan bagaimana memperkenalkan karya-karya kreatif pegiat seni di Banyumas sekaligus menjaga dan memaknai ulang kebudayaan Banyumas. Gerakan kebudayaan mereka tak semata merangkul sisi-sisi ekonomi tapi juga berjuang secara kreatif mengubah citra negatif tempat mereka tinggal

Drummer band Jess Kiding, Petrus Christo mengatakan Baturrajazz tahun ini merupakan penampilan kedua band yang dipunggawainya. Kesempatan ini digunakan untuk menampilkan materi dari mini album yang diluncurkan baru-baru ini.

"Untuk Baturrajazz tahun ini, kami membawakan beberapa materi dari mini album kami," kata dia


Senin, 23 Oktober 2017