Desa Karanggintung Kecamatan Sumbang Membangun Untuk Kemakmuran

Kabupaten Banyumas

Desa Karanggintung Kecamatan Sumbang Membangun Untuk Kemakmuran


Pada tahun anggaran 2017, pemerintah Desa Karanggintung melaksanakan sejumlah pembangunan fisik. Diantaranya adalah peningkatan jalan lingkutan maupun pembangunan rabat beton dan talud. Sejumlah pembangunan infrastruktur itu, bukan tanpa dasar.

Pembangunan-pembangunan tersebut merupakan bagian dari usulan warga melalui Musyawarah Desa. Pembangunan talud lapangan Desa Karanggintung.

Warseno Darmo Wirejo Kepala Desa Karanggintung menyebutkan, pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan bertujuan demi kemakmuran warga. Oleh karena itu, fokus kegiatan menitikberatkan pada usulan-usulan warga.

“Setidaknya ada 36 kegiatan pembanguan fisik yang dilaksanakan pada tahun anggaran 2017 ini. Pembangunan ini banyak dilaksanakan pada jalan lingkungan maupun irigasi, drainese dan talud demi kepentingan warga,” ujar dia.

Selain melaksanakan pembangunan fisik demi kemakmuran warga, pemerintah desa juga turut membantu mengentaskan jumlah Rumah Tidak Layak Huni. Pada tahun ini, setidaknya ada 10 RTLH yang mendapat bantuan.

“Jumlah awalnya ada 220 RTLH, semakin haru jumlah itu terus berkurang seiring turunnya bantuan baik dari provinsi, kabupaten maupun desa. Jumlah bantuan pun semakin meningkat di setiap tahunnya, hingga tahun 2017 ini nilai bantuan RTLH mencapai Rp. 10 juta,” sebut kades.

Kantor Pemerintahan Desa Karanggintung sebagai pusat kendali pemerintahan desa Selain melaksanakan pembangunan infrastruktur, pemerintah desa juga melaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat dan pembinaan kemasyarakatan. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia warga.

“Ada pelatihan budi daya jahen merah, budi daya kambing Ettawa dan juga bantuan ternak berupa kambing. Tujuannya jelas, untuk meningkatkan perekonomian warga dan juga demi kemakmuran warga,” tandas Warseno

 


Jumat, 24 November 2017