Dindukcapil Siapkan 132.000 Blangko KIA

Kabupaten Banyumas

 

Dindukcapil Siapkan 132.000 Blangko KIA

 

BANYUMAS- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Banyumas, menyediakan blangko Kartu Identitas Anak (KIA).sebanyak 132.000 keping.

Kepala Dindukcapil, Kartiman mengatakan, saat ini pencetakan KIA sudah dapat dilakukan.

 

“Pada tahun ini, Dindukcapil menyediakan blangko KIA sebanyak 132.000 keping. Dan sejak adanya Festival Kinerja Pembangunan KIA, sudah mulai (bisa dicetak)," katanya Senin (27/11) usai membuka sosialisasi pemanfaat data penduduk.

 

Kartiman menambahkan, secara teknologis KIA tidak secanggih E-KTP. Sebab menurutnya KIA tidak memiliki chip. Terkait hal itu, pemegang KIA juga tidak perlu melakukan perekaman data seperti halnya pemegang E-KTP. Data dalam KIA menurutnya yang terpenting adalah adanya nomor induk kependudukan (NIK). Itu sebabnya belum diperlukan perekaman sidik jari, maupun iris mata seperti E-KTP.

"Syaratnya harus ada foto, untuk anak usia lima tahun sampai 17 tahun. Fotonya bisa pakai CD, bisa foto langsung, atau foto yang sudah dicetak kemudian discan (dipindai). Bahkan kalau untuk anak usia nol tahun sampai lima tahun tidak wajib ada foto," ucapnya.

Adapun untuk pembuatan KIA, menurutnya orang tua dapat langsung mendatangi Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, pihaknya juga berencana menggelar kegiatan jemput bola terkait dengan pembuatan KIA.

"Nanti variasi, orang tua bisa datang ke kantor Dindukcapil, atau nanti jika petugas longgar kita yang akan datangi masyarakat," tuturnya.

Kartiman menjelaskan, untuk KIA berhak dimiliki oleh anak usia nol hingga tujuh belas tahun, batas waktu kepemilikan KIA. Setelah anak wajib memiliki KTP atau 17 Tahun.

Untuk anak usia nol hingga lima tahun, KIA yang dimiliki tidak dilengkapi foto tidak masalah.

"Kalau usianya sudah lebih dari lima tahun, bisa diganti atau bisa juga tidak, tidak berpengaruh karena bisa berlaku hingga tujuh belas tahun, yang penting kan data diri anaknya," jelasnya

 


Senin, 04 Desember 2017