LOMBA CIPTA DAN BACA PUISI SISWA SMP

Kabupaten Banyumas

 

LOMBA CIPTA DAN BACA PUISI SISWA SMP

 

PURWOKERTO : Unit Kegiatan MahasiswaTeater Timbang Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, menggelar lomba cipta dan baca puisi untuk siswa SMP se Kabupaten Banyumas, Sabtu (25/11) di Pendopo Sipanji Purwokerto. Kegiatan diikuti 27 siswa siswi perwakilan dari sekolah SMP se Kabupaten Banyumas. Mereka beradu kepiawaian dalam mencipta dan membaca puisi.

Indiriani Sepsilia, aktivis Teater Timbang selaku ketua panitia, mengemukakan, lomba itu digelar untuk menumbuhkan minat dan kecintaan para siswa tingkat SMP pada dunia sastra.

“Dengan mengikuti lomba siswa siswi SMP ini akan berlatih inovasi dan berbahasa untuk masa depan bangsa lewat bait-bait puisi. Melalui Puisi mereka bisa menyampaikan aspirasi dan juga jeritan masyarakat. Dengan demikian mereka akan menjadi generasi pelurus bangsa, tidak hanya generasi penerus bangsa,” katanya

Lomba ini memang khusus, karena mempersyaratkan dua kemampuan sekaligus, yakni mencipta puisi sekaligus membacakannya. Kalau selama ini, sering hanya lomba membaca puisi, kali ini sekaligus mencipta.

Oleh karenanya, wajar kalau dalam lomba ini hanya diikuti oleh 27 pelajar karena memang tidak mudah mencari siswa yang bisa membaca puisi sekaligus bisa mencipta. Banyak anak-anak yang bisa membaca puisi, tapi tidak bisa mencipta.

Lomba dengan Juri Purnomo, Wage Teguh Wijono dan Agung Kucing menetapkan sebagai Juara 1 Hanifah Shofi Nurjanah dari SMP N 1 Kembaran, Juara 2 Nadia Islami Ikramullah dari SMP Al Irsyad Purwokerto dan Juara 3 Yoan Poundra dari MTS Maarif NU 1 Kedungbanteng.

Hanifah Shofi Nurjanah sebagai juara pertama mengatakan bahwa dirinya meraih kemenangan karena pengalaman dan menjadikan lomba sebagai sarana mengasah kemampuan sekaligus menjadikan puisi sebagai ungkapan hati. Menurutnya alam dan lingkungan kungan sekitar menjadi inspirasi.

 “Doa orang tua dan bimbingan guru juga menjadi penentu hasil ini,” katanya.

 


Senin, 04 Desember 2017