Bupati Lantik 6.059 LinmasSe Kabupaten Banyumas

Kabupaten Banyumas

 

Bupati Lantik 6.059 Linmas Se Kabupaten Banyumas

 

PURWOKERTO – Bupati Banyumas Ir Achmad Husein melantik 6.059 Anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) se Kabupaten Banyumas. Pelantikan dilaksanaan bersamaan Apel Besar Linmas Rabu (20/12) di Halaman GOR Satria Purwokerto.

Pada kesempatan ini Bupati meminta Linmas dapat turut aktif berperan serta, dalam pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), baik Pilbup maupun Pilgub, tahun depan.

“Ini sesuai dengan tugas pokok Linmas yang memantu pengamanan di lingkungan,” kata Bupati

Bupati menambahkan, Satlinmas juga bertugas membantu dalam penanggulangan bencana, membantu menjaga kamtibmas, membantu kegiatan sosial kemasyarakatan, membantu ketertiban pemilu dan membantu dalam upaya pengamanan negara.

“Linmas wajib menjunjung tinggi norma hukum, agama, HAM dan norma lainnya yang tumbuh dan berkembang di lingkungan sosial serta memegang tegus disiplin,” kata bupati

Bupati berpesan, Linmas dapat membantu penanganan keributan yang terjadi di masyarakat dan melaporkan secara berjenjang apabila ditemukan adanya tindak gangguan kamtibmas. Linmas juga diminta mampu memperkecil akibat bencana serta ikut memelihara situasi kamtibmas maupun mengamankan kegiatan sosial kemasyarakatan.

“Tahun depan merupakan tahun politik dimana ada Pilbup dan Pilgub, saya berharap agenda tersebut dapat berjalan lancar, aman, damai sejuk, kondusif dan demokratis. Namun, Linmas juga harus bersikap netral dalam pengaman serta mampu bekerjasama dengan Polri dan TNI,” ungkap bupati.

Dalam Pilkada nanti, Linmas harus siap sedia bahkan siap menjadi garda terdepan demi suksesnya Pilkada. “Peran Linmas sangat penting dan strategis dalam pengamanan TPS, penghitungan suara serta menjaga surat suara selama dalam pengiriman ke KPU. Tugas ini harus dijalankan dengan baik, penuh tanggungjawab demi kamtibmas yang lebih baik, cepat, tepat dan manusawi,” tegas Husein.

Kalibagor, Somagede dan Baturraden Juara Devile

Pada pelantikan itu, 6.059 Linmas dari seluruh kecamatan di Kabupaten Banyumas resmi dilantik. Setelah pelantikan, masing-masing kontingen dari 27 kecamatan melaksanakan defile di hadapan Bupati dan tamu undangan.

Dengan penuh semangat relawan keamanan itu, melakukan langkah tegap dan penghormatan kepada tamu undangan.

Pada akhir kegiatan Satlinmas Kecamatan Kalibagor menjadi yang terbaik dan mendapatkan Piala dari Bupati sebagai Juara 1. Sedangkan Juara 2 diraih oleh Kecamatan Somagede dan Juara 3 diraih oleh Kecamatan Baturraden.

 

 


Kamis, 21 Desember 2017