200 Pramuka PenegakIkuti Gladi Widya Ksatria Kendalisada

Kabupaten Banyumas

 

200 Pramuka PenegakIkuti Gladi Widya Ksatria Kendalisada

 

BANYUMAS : Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Banyumas Drs Achmad Supartono M.Si membuka perkemahan Gladi Widya Ksatria Kendalisada (GWKK) Tahun 2018. Pembukaan GWKK dilaksanakan Senin (5/2) di Lapangan Bumi Perkemahan Kendalisada Kalibagor Kabupaten Banyumas.

Walaupun diguyur hujan, upacara pembukaan berjalan denganlancar, para peserta menggunakan pelindung seadanya walaupun air hujan tetap membasahi seragam Pramukanya. Bahkan penari dari Pramuka SMA N 1 Purwokerto rela berbasah-basah dan tetap bersemangat menampilkan persembahan tari sebagai pembuka. 

Dalam sambutanya Ketua Kwarcab Achmad Supartono mengatakan bahwa kegiatan pramuka telah terbukti dan diakui sebagai salah satu wadah pembentuk karakter generasi muda. Hal itu terbukti dengan suasana hujan seperti sekarang, para peserta, panitia dan peraga lainya dapat menyeseuaikan situasi yang ada.

“Hujan adalah angugrah, karena kita semua dengan iklas menerima itu akhirnya hujan pun semakin reda, inilah bagian dari karakter kita sebagai pramuka,” kata Partono

Ketua Kwarcab juga meminta peserta kegiatan Gladi Widya Ksatria Kendalisada, untuk mengedepankan persaudaraan, kebersamaan, kepedulian, dan keikhlasan meski dalam kegiatan ada unsur kompetisi.

Sementara itu Hanifah Tri Kinanti, selaku ketua panitia mengatakan bahwa tujuan dilaksanakan GWKK adalah sebagai wahana evaluasi untuk melihat kualitas pramuka Penegak di wilayah Kwartir Cabang Banyumas.

‘’Kegiatan diikuti oleh 11 sangga putra dan 9 sangga putri, masing masing sangga 10 peserta, sehingga total peserta sebanyak 200 orang. Mereka didampingi Pembina Pendamping,” kata Hanifah didampingi Tri Meliana Ketua DKC Banyumas.

Lebih lanjut Hanifah mengatakan ada berbagai jenis lomba yang dilaksanakan antara lain Lomba Scouting Skill, Lomba Karya Tulis Ilmiah,  Lomba Teknologi Tepat Guna, Lomba New Presenter, Lomba Saliro Busono, Lomba K3 Perkemahan, Lomba Tertib Administrasi dan Lomba Cerdas Tangkas Pramuka.

“GWKK ini dilaksanakan selama empat hari, Senin(25/2)–Kamis (28/2) di Bumi Perkemahan Kendalisada, kegiatan ini juga merupakan seleksi dimana Juara  I putra maupun putri, akan mengikutikegiatan yang sama ditingkat provinsi yaitu Gladi Widya Cakra Adi Birawa tanggal 1-5 Mei 2018 di Semarang“  katanya

Upacara ditutup dengan penampilan musik kenthong dari Pramuka Pandega Racana Sunan Kalijaga Cut Nyak Dien pangkalan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto.

 


Rabu, 07 Pebruari 2018