WORKSHOP PENULISAN BUKU

Kabupaten Banyumas

WORKSHOP PENULISAN BUKU

 

PURWOKERTO : Universitas Nahdatul Ulama Purwokerto (UNU PWT), menyelenggarakan Work shop Penulisan Buku dan Strategi Penerbitan Buku pada Penerbit Besar, Jumat (9/3), di aula UNU Purwokerto. Sebagai pembicara adalah Dr. Icuk Rangga Bawono, SE, SH, M.Si, M.Hum, Ak. CA, dari Univetsitas Jendral Soedirman.

 

Rektor UNU , Prof. Dr. Ir. H. Achmad Sodiq, mengatakan bahwa Karya Ilmiah penting bagi seorang pendidik. Karier seorang pendidik bisa lancar apabila membuat jurnal dan pembuatan buku atau menulis karya ilmiah. Saya sendiri punya 3 buku, tetapi setelah itu terkendala oleh pembagian waktu. Semoga nanti Bapak Icuk bisa memotivasi kita untuk bisa menulis buku sekaligus strategi cara membagi waktu.

 

Pembicara tunggal, Dr. Icuk , bertanya untuk apa sich menulis buku ? Pertama termasuk Tri Dharma Petguruan Tinggi , kedua untuk naik pangkat , ketiga untuk pengakuan masyarakat, dan keempat menambah incam atau penghasilan, " katanya.

 

"Salah satu cara untuk lolos di Dewan Redaksi adalah menutup atau menberikan solusi kelemahan buku lain. Kedua kecepatan merevisi buku, apabila ada editing. Apalagi penerbit asing, butuh kedisiplinan tinggi. Diberi waktu 3 hari nggak jadi , berarti lewat, " jelasnya.

 

"Strategi menulis buku apabila sibuk , bisa dibuat berkelompok. Bagi tugas, misal tiga orang buat 6 bab, setiap orang diberi tugas 2 bab. Kedua disiplin, setiap hari luangkan waktu 1 jam saja. Ketiga motivasi keagamaan, bahwa di akhirat ditanya sudahkah buat buku yang betmanfaat ? Keempat jangan takut menulis. Jangan minder tulIsannya dianggap jelek." tambahnya.

 

"Langkah selanjutnya, lakukan mapping di penerbit yang kita tuju. Sudahkah ada judul buku yang dibuat di penerbit itu ?" imbuhnya.


Senin, 12 Maret 2018