IT Telkom Purwokerto Siapkan Program Literasi Digital Untuk Banyumas

Kabupaten Banyumas

IT Telkom Purwokerto Siapkan Program Literasi Digital Untuk Banyumas

 

PURWOKERTO : Pemerintah Kabupaten Banyumas bersama InstitutTeknologi Telkom Purwokerto (IT Telkom Purwokerto) bersama-sama ingin meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Banyumas dalam bidang Teknologi Informasi. Hal ini tertuang dalam nota kesepahaman (MoU/Memorendum of Understanding)  antara dua lembaga itu. MOU ditandatangai oleh PLT Bupati Banyumas dr Budhi Setiawan dan Rektor IT Telkom Purwokerto  Dr. Ali Rokhman, M.Si, Senin (9/4) di Ruang Joko Kahiman Komplek Sipanji Purwokerto.

Plt Bupati Banyumas dr Budhi Setiawan mengatakan program literasi digital apabila dapat diimplementasikan dan dipraktikan langsung di dalam lingkungan masyarakat, akan mempermudah memahami perkembangan teknologi terkini, khususnyaperkembanganteknologi dan akan bisa menjadi solusi karakteristik masyarakat jaman sekarang.

“Era sekarang ini menjadikan teknologi seperti smartphone sebagai teman baik dan menjadi wadah untuk mengekspresikan diri secara virtual,” kata dr. Budhi Setiawan.

IT Telkom Purwokerto sebagai salah satu perguruan tinggi di Banyumas tentu mempunyai kewajiban moral untuk ikut mencerdaskan masyarakat sesuai dengan bidangnya yaitu teknologi informasi.

“Masa sekarang ini memiliki ecenderungan menggunakan serta memanfaatkan teknologi terkhusus teknologi informasi dan komunikasi, sebut saja teknologi smartphone dalam kehidupan sehari- harinya .Kemampuan smartphone sebagai teknologi baru dengan dilengkapi berbagai fitur menarik menjadi jurus ampuh untuk mempengaruhi masyarakat agar menggunakannya sekaligusmenjadikan smartphone  tersebut menjadi bagian yang tidak terlepaskan di dalam setiap rutinitas kesehariannya,” tambahnya

Rektor IT Telkom Purwokerto  Dr. Ali Rokhman, M.Si., mengatakan progam institusinya mengangkat mengenai literasi digital dan menjembatani masyarakat dalam memahami perkembangan teknologiterkini, khususnya perkembangan teknologi yang berada di sekitareks. Karesidenan Barlingmascakeb (Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cialcap, danKebumen).

“Program-program tersebut diantaranya: berkenaan dengan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), program iniakan di dukung dengan adanya  program pelatihan dan pendidikan yang ditujukan untuk masyarakat, kemudian ada program Penelitian dan pengabdian sekaligus mengembangkan program riset penerapan teknologi yang akan diimplementasikan kepadamasyarakat,” katanya

 


Rabu, 11 April 2018