Maju Lomba Provinsi

Kabupaten Banyumas

Maju Lomba Provinsi

 

Kampung KB Wijayakusuma RW VII Kelurahan Karangpucung Kecamatan Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas masuk 6 besar Tingkat Jawa Tengah. Tim Evaluasi Tingkat Provinsi yang diketuai Rochmi Rochiem berkunjung ke Kampung KB Kamis (3/5) di RW VII Karang Pucung.

Tim diterima oleh Pelaksana Harian Bupati Banyumas Ir Wahyu Budhi Saptono M Si, jajaran SKPD, Camat Purwokerto Selatan beserta Forkompinca, Kepala Keluarahan, Tomas, Taga Karagpucung dan warga RW VII.

Plh Bupati mengatakan Pemerintah Kabupaten Banyumas dalam program keluarga berencana sangat bersungguh-sunguh. Kampung KB yang menjadi icon program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga yang memiliki keterpaduan program dengan berbagai stakeholder terkait dengan harapan kesejahteraan masyarakat dapat meningkat, juga kampung KB dapat dijadikan wadah dalam menggalakkan program revolusi mental berbasis keluarga untuk membangun karakter Bangsa Indonesia yang secara optimal mampu melaksanakan fungsi-fungsi keluarga.

“Kesungguhan tersebut terlihat bahwa sampai saat ini Banyumas memiliki 238 kampung KB. Ini aertinya sudah 79 % dari keseluruhan desa dan kelurahan,” kata Wahyu

Lebih lanjut dijelaskan selain melalui regulasi juga dengan peningkatan dan kesinambungan program yang dilakukan melalui komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) maupun advokasi, yang lebih urgensi adalah memperkuat komitmen melalui sinergitas dan kolaborasi dengan pola kemitraan, serta dijalankan secara terintegrasi dan terpadu.

“Saat ini Pemkab Banyumas juga telah menjalin kerja sama dengan 9 Fasilitas Kesehatan untuk melakukan KB Gratis,” tambahnya

Ketua TIM Provinsi Rochmi Rochiem mengatakan, Kampung KB Wijaya Kusuma Keluarahan Karangpucung secara administrasi telah masuk dalam nominasi enam besar. Untuk melihat dari dekat Tim yang bernggotakan 5 orang dari berbagai SKPD di Jateng itu berkunjung untuk melihat dari dekat Kampung KB Wijaya Kusuma

“Dengan kunjungan ini Rochmi berharap bisa memotivasi semua pihak dan masyarakat pada umumnya, sehingga Kampung KB benar-benar dapat memberikan kontribusi positif dalam pembangunan SDM di daerah,” katanya

Ketua Pokja II Kampung KB Wijayakusuma Nawangsari mengatakanseluruh program yang direncanakan sudah dilaksanakan dengan baik dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Semula RW VII termasuk daerah yang laing rawan dengan progran KB, dengan dicangkannya Kampung KB warga semakin giat mulai dari Kader, PIK R, Lansia semua mendukung program untuk meningkatkan kesejahteraan melalui berbagai program,” katanya saat memberikan paparan.

Keberhasilan pembinaan KB di Banyumas rupanya tidak hanya di Purwokerto Selatan saja. Pada waktu yang sama Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) Desa Tinggarjaya Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas, juga masuk nominasi PPKBD Teladan Tingkat Jawa Tengah. Tim evaluasi berkunjung ke Balai Desa Tinggarjaya untuk mengevaluasi PPKBD Teladan memperebutkan yang terbaik di Jateng.

Kasi Penyuluhan dan Pendayagunaan PLKB dan Kader pada Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Isterina Flamboyan mengatakan PPKBD Teladan yang masuk nominasi 5 besar tingkat jateng

“Kader PPKBD atas nama Ibu Rochimi, mendapat kunjungan Tim dari Provinsi untuk dievaluasi untuk menjadi yang terbaik, semoga Beliau menjadi PPKBD Teladan Tingkat Jateng,” katanya.

 


Jumat, 04 Mei 2018