TP PKK Kembaran Kembali Raih Juara

Kabupaten Banyumas

TP PKK Kembaran Kembali Raih Juara


Dalam Lomba Masak Serba Ikan Tahun 2018

PURWOKERTO - Sebagaimana tahun sebelumnya, tahun ini Dinas Perikanan dan Peternakan (Dinkannak) Kabupaten Banyumas kembali menggelar lomba masak berbahan baku ikan. Lomba tersebut diikuti oleh Tim Penggerak PKK Kecamatan se Kabupaten Banyumas.

Menurut Ketua Penyelenggara, Ir Bambang Purwadi, maksud tujuan lomba adalah dalam rangka meningkatkan kreativitas memasak dengan bahan baku ikan. Selain itu, juga untuk meningkatkan konsumsi ikan di kalangan masyarakat Kabupaten Banyumas.

"Kegiatan ini merupakan sarana promotif edukatif Dinkannak bersama Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyumas dalam mendorong kaum ibu melakukan kreasi menu berbahan baku ikan sekaligus mendorong peningkatan konsumsi ikan masyarakat secara luas," kata Bambang, yang juga Kabid Pengembangan Usaha Perikanan pada Dinkannak setempat.

Tahun ini jenis yang dilombakan adalah menu keluarga, munu kudapan, dan menu balita dengan bahan baku ikan nila.

Kriteria penilaian meliputi aspek citarasa dengan bobot maksimal 30, kreativitas (25), penampilan (20), komposisi (15), dan kesesuaian harga (10).

Selain mendapatkan piala dan sertifikat, kepada para juara juga diberikan uang pembinaan. Juara 1 sebesar Rp 1,5 juta; adapun juara 2 dan 3 masing-masing sebesar Rp 1,25 juta dan Rp 1 juta.

Untuk juara harapan 1, 2 dan 3, masing-masing mendapat piagam, sertifikat dan uang pembinaan sebesar Rp 800 ribu, Rp 650 ribu, dan Rp 500 ribu.

Tim Penggerak PKK Kecamatan Kembaran berhasil meraih juara pertama dengan skor nilai sebesar 418,45.

Hasil kejuaran selengkapnya adalah sebagai berikut.

Juara 3 (Kembaran; 418,45)
Juara 2 (Baturraden; 415,50)
Juara 3 (Patikraja; 404,35)

Juara Harapan 1 (Ajibarang; 386,45)
Juara Harapan 2 (Sokaraja; 375,35)
Juara Harapan 3 (Karanglewas; 375,05)

"Juara 1 akan mewakili Kabupaten Banyumas ke lomba tingkat Provinsi Jawa Tengah di Soropadan pada Juli mendatang," kata Kepala Dinkannak, Ir Sugiyatno MM.

Ketua TP PKK Kabupaten Banyumas, Dr Rahayu Wahyu Budi Saptono, mengapresiasi semua peserta yang telah berpartisipasi dalam lomba ini.

"Kepada semua peserta tanpa kecuali, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya," kata Rahayu


Rabu, 09 Mei 2018