Launching Aplikasi Penilaian Kurtilas

Kabupaten Banyumas

Launching Aplikasi Penilaian Kurtilas

Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas menyelenggarakan Seminar Nasional Pendidikan dan Launching Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 Berbasis Hasil Belajar dan Buku Induk (HBBU) Senin (30/7) di aAuditorium Ukuwah Islamiah Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Seminar yang dihadiri oleh 2.111 guru kelas 1 dan guru kelas 4, beserta Kepala Sekolah Dasar se-Banyumas.

Hadir sebagai nara sumber Anang Sugiono, M.Pd, programer IT dari Jawa Timur dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Drs. Purwadi Santoso, M.Hum.

Drs. Purwadi menyampaian bahwa Nawa cita Pembangunan Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2015 - 2019 ada 4, yaitu, meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia, melakukan revolusi karakter bangsa, meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar Internasional dan memperteguh kebhinekaan dan memperkuat restorasi sosial Indonesia.

"Yang mendasari ide Kurikulum 2013 adalah Pancasila, Tujuan Pendidikan Nasional, Kemampuan Abad 21, Karakter, dan Litetasi, " katanya.

Purwadi menambahkan
kualitas karakter itu meliputi iman dan taqwa, cinta tanah air, rasa ingin tahu, inisiatif, gigih, kemampuan betadaptasi, kepemimpinan, dan kesadaran sosial dan budaya.

"Sedangkan kemampuan literasi yang diharapkan adalah literasi bahasa dan sastra, literasi numeracy, literasi sains, literasi digital, literasi keuangan, dan literasi budaya dan kewarganegaraan," pungkasnya.


Rabu, 01 Agustus 2018