Kabupaten Banyumas

Kwarcab Banyumas Kirim Relawan Ke Lombok

 

Kwartir Cabang Banyumas melalui Pramuka Peduli, mengirimkan 6 orang relawan untuk melaksanakan misi kemanusiaan penanganan bencana Gempa Bumi Lombok Nusa Tengara Barat (NTB). Tim dipimpin oleh Ketua Pramuka Peduli Kwartir Cabang Banyumas yang juga sekaligus Komandan Heriana Ady Candra. Bersama 5 relawan lainnya yaitu Ari Pringgo Aji (Andalan Cabang Urusan Pramuka Peduli), Sakirun (Ketua Unit Pramuka Peduli Kwarran Lumbir), Danang Triwibowo (Mahasiswa Unsoed), Udinanto (Pembina Pramuka SMA PGRI Gumelar) dan Ilham Hela Pratama (SMA Negeri 3 Purwokerto).

Wakil Ketua V Bidang Humas dan Abdimas Agus Nur Hadie mengatakan Tim Pramuli berangkat tanggal 28 Agustus, dengan perjalanan darat membutuhkan waktu 2 hari untuk menuju ke Lombok dengan menggunakan kendaraan roda empat. Tim ini membawa dana bumbung kemanusiaan hasil penghimpunan dari Anggota Pramuka dari 13 (tiga belas) Kwartir Ranting dan 1 DKR sejumlah Rp 72.628.400,-

“Uang tersebut akan disalurkan untuk pembelian sarana pembuatan fasilitas umum prioritas yang bersangkutan dengan korban bencana dan operasional relawan dari sejak berangkat, dilokasi hingga mereka pulang kembali,” kata Agus.

Agus menjelaskan sesampai di Posko Propinsi, Timnya diarahkan untuk membantu di Pos Pengungsian Desa Persiapan Menggala Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara. Berdasarkan koordinasi sebelumnya, kebutuhan utama bagi pengungsi yaitu terpal dan dari informasi yang dihimpun dari relawan sebelumnya.

“Kami dapat informasi terpal di lombok sangat tinggi sehingga kami belanjakan di Purwokerto sejumlah 100 lembar,” katanya

Heriana Ady Candra yang dihubungi lewat telepon mengatakan setelah pihaknya berkoordinasi dengan Koordinator Tagana Lombok Timur, bahwa kebutuhan urgen yakni pembuatan Puskesmas Pembantu Desa Menggala yang hancur total, agar pelayanan kesehatan menjadi tidak layak serta obat–obatan dan ruang periksa lebih representatif.

“Kita memberikan bantuan dana pembangunan Puskesamas Pembantu Darurat dengan memberikan bantuan sejumlah Rp 10.000.000,-, serta kami suport juga pembangunan WC permanent, dan huntara untuk 2 KK dengan alokasi dana sebesar Rp 25.000.000,-“ Kata Ady Candra dari Lombok Timur.

Mendapat Kujungan Presiden RI Joko Widodo

Saat membantu pembangunan puskesamas, Pos Pengungsian Desa Menggala mendapat kunjungan dari Preside RI Ir. Joko Widodo yang didampingi oleh Menteri Sekretaris Kabinet, Panglima TNI, Kapolri, Mentri PUPR, Menteri Sosial, Gubernur NTB dan Forkompinda NTB. Pada kesempatan tersebut, Presiden memberikan bantuan paket sembako sejumah 1.500 paket untuk warga Menggala, serta 5.000 paket lainnya untuk pos pengungsi lain.

Pada kunjungan ini Relawan Pramuka Peduli Banyumas, sempat menyambut kedatangan Presiden dan rombongan

Ilham Hela Pratama salah satu relawan yang masih pelajar kelas X SMA Negeri 3 Purwokerto mengaku senang dapat membantu saudaranya yang terkena musibah di Lombok. Dia merelakan bolos sekolah untuk tugas kemanusiaan itu.

“Terima kasih atas ijin dan do’a restu Orang Tua, Ijin Kepala Sekolah serta Wali kelas X MIPA 1 dan Pembina Pramuka SMA N 3 Purwokerto, suport teman– teman dan Dewan Ambalan memberi motivasi saya untuk bertugas disini,” katanya

Ilham mengaku ada sedikit kendala yaitu bahasa pengantar, karena masyarakat menggunakan bahasa daerah setempat, namun dengan dengan ketulusan antar pihak semua berjalan lancar. Selama bertugas dirinya terus akan bersemangat dengan sekuat tenaga menjalakan program yang sudah disusun Pramuli Banyumas sampai dengan tanggal 6 September dimana jadwal pulang dari Lombok.

“Setelah tugas selesai, saya akan fokus belajar mengejar ketertinggalan pelajaran, karena 2 minggu tidak mengikuti pelajaran, tapi saya sudah siap untuk itu” ungkapnya


Selasa, 04 September 2018