Kabupaten Banyumas

 

PJ Bupati Banyumas Terima ETK dari Cilacap

 

Dandim Serahkan Ke Purbalingga

BANYUMAS – Kwarcab Banyumas berkesempatan melakukan Estafet Tunas Kelapa (ETK) Kwaran Daerah Jawa Tengah tahun 2018 selama dua hari. Setelah menerima timbang terima ETK dari Ketua Harian Mabicab Cilacap Drs Farid Ma’ruf ST, MM yang diterima langsung oleh Penjabat Bupati Banyumas Drs Budi Wibowo M Si, Rabu (5/6) di Lapangan Desa Cindaga kecamatan Kebasen ETK dilanjutkan ketujuan. Setelah melewati Wilayah Banyumas selama dua hari, Kamis (6/9) sekitar jam 12.30 WIB, pasukan ETK diserahkan ke kwarcab Purbalingga. Timbang terima di Purbalingga dilakukan oleh Dandim 0701 Banyumas Letkol Inf Wahyu Ramadhanus Suryawan kepada PLT Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi di Halaman Balai Desa Karangpule Kecamatan Padamara.

ETK melintasi Wilayah Banyumas menempuh jarak kurang lebih 40 km, dibagi 8 etape, selama 2 hari antara lain melewati Kwarran Kebasen, Kwarran Patikraja dan Kwarran Purwokerto Selatan. Setelah tiba di Purwokerto Selatan Bendera Merah Putih dan panji pramuka serta perlengkapan lainya disemayamkan di Pendopo Kecamatan Purwokerto Selatan. Malam harinya digelar sarasehan tentang kepramukaan yang diikuti para mabiran, mabigus dan pembina pramuka di kwarran Purwokerto Selatan. ETK diberangkatkan dari Purwokerto selatan Kamis (6/9) sekitar jam 8.30 WIB, melewati kwarran Purwokerto Timur dan Kwarran Kembaran selanjuta ke Kwarcab Purbalingga 

PJ Bupati Banyumas saat membacakan sambutan Gubernur Ganjar Pranowo, menyambut baik kegiatan tersebut. Gubernur mengajak seluruh anggota pramuka untuk memahami dan merealisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam gerakan pramuka.

”Nilai yang terkandung di dalamnya mampu menambah semangat kebangsaan dan mendukung pembangunan di Jawa Tengah, Selain itu setiap anggota pramuka di Jawa Tengah agar menggelorakan semangat antinarkoba. Katakan Tidak Pada Narkoba sekali mencoba akan terjerumus dalam kebinasaan,” katanya

Selain itu, Gubernur minta kepada setiap anggota pramuka agar memiliki semangat suci dalam perkataan dan perbuatan, meneguhkan dan mengokohkan semangat cinta Tanah Air dan bangsa.

Ketua Kwarcab Banyumas Achmad Supartono mengatakan pasukan inti ETK sebanyak 61 yang terdiri dari 1 orang pemimpin Pasukan, 2 orang pembawa Spanduk, 14 orang pembawa bendera Merah Putih, 14 orang pembawa bendera Pramuka, 14 orang pembawa bendera / pataka ETK, 8 orang pembawa Tunas Kelapa / Cikal, 14 orang pembawa bendera / pataka ETK, 8 orang penggalang yang terdiri 4 Orang Penggalang masing-masing pembawa Teks Pesan Mabida, Pesan kesan Majelis Pembimbing Cabang, Pesan kesan Mabiran, Bendera Morse, dan 4 orang bertongkat.

“Selain pasukan inti, juga ada 3 peleton pasukan pendamping yang berada dibelakangnya termasuk pasukan drumband di beberapa titik,” kata Partono

Sepanjang perjalanan, pasukan ETK mendapat sambutan meriah tidak hanya anggota pramuka, tetapi juga masyarakat ikut menyaksikan.

 


Jumat, 07 September 2018