Festival Rewanda Bojana Dipadati Ribuan Pengunjung

Kabupaten Banyumas

Festival Rewanda Bojana Dipadati Ribuan Pengunjung

 

BANYUMAS -- Festival Rewanda Bojana kembali digelar di kompleks Mesjid Saka Tunggal Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas,Minggu (7/10).

Festival ini merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Olarahraga,Budaya dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas, dengan tujuan menggerakkan potensi wisata religi dan budaya yang ada di Kabupaten Banyumas.

Pada dasarnya, Rewanda Bojana adalah tradisi yang dilakukan masyarakat Desa Cikakak dalam memberi makanan berupa berbagai buah dan sayuran kepada ratusan ekor kera yang hidup di sekitar Mesjid Saka Tunggal.

Hal ini dilakukan karena di musim kemarau jumlah buah dan sayuran di sekitar lokasi banyak bekurang, sehingga masyarakat terdorong untuk menolong ratusan ekor kera itu dengan memberikan buah-buahan dan sayuran.

Untuk diketahui, Masjid Saka Tunggal adalah salah satu masjid tertua di Kabupaten Banyumas. Konon, masjid ini didirikan tahun 1288.

"Keunikan masjid ini hanya memiliki satu tiang penyangga utama yang berada di tengah-tengan bangunan masjid," kata Kepala Dinporabudpar, Asis Kusumandani.

Selain masyarakat dan tamu undangan, acara ini juga dihadiri Bupati Banyumas, Ir Achmad Husein, dan Wakil Bupati Banyumas, Drs Sadewo Tri Lastiono


Senin, 08 Oktober 2018