Tema Spirit Of Slamet, Banyumas Akan Menggelar Biketourrundance

Kabupaten Banyumas

Pemerintah Kabupaten Banyumas akan meluncurkan program untuk promosi pariwisata bertajuk Biketourrundance, Jumat (14/12/2018) hingga Minggu (16/12/2018) mendatang. Ajang ini digadang-gadang menjadi ikon wisata karena menawarkan sensasi baru saat berwisata di Banyumas.

Koordinator Biketourrundance, Guno Purtopo mengatakan, agenda ini menjadi atraksi pariwisata yang mengolaborasikan budaya, olah raga alam bebas, ekonomi kreatif dan seni. Penyusunan konsep hingga pelaksanaan kegiatan tersebut melibatkan berbagai pihak termasuk para pelaku kreatif.

“Tema yang diangkat yakni Spirit of Slamet dengan gelaran multieven. Ada sepeda, tur mobil klasik dan offroad, fun run serta tari-tarian,” katanya saat menggelar konferensi pers, di komplek Pendapa Si Panji Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Sabtu (27/10/2018) lalu.

Tim panitia Biketourrundane, kata dia sengaja mempublikasikan even ini lebih awal. Harapannya, ajang ini akan menjadi lompatan serta salah satu ikon atraksi wisata yang digelar setiap tahun.

Sekretaris Biketourrundance, Prayitno menyebutkan, dari segi konsep, even ini menggabungkan beberapa rangkaian kegiatan, yakni bike atau sepeda santai, tour atau wisata, run atau lari serta dance atau tarian.

Pada hari pertama, yakni Jumat (14/12/2018) Biketourrundance diawali dengan tur berkeliling Banyumas menggunakan mobil klasik yang diberangkatkan dari Tugu Nol Kilometer di kota Purwokerto.

“Mereka akan menuju sejumlah sentra UMKM seperti Batik Papringan di Kecamatan Banyumas, getuk goreng di Sokaraja, dan berakhir di Palawi, Kecamatan Baturraden. Selanjutnya, peserta akan diajak berkemah di Karangsalam, Baturraden, yang saat ini menjadi desa kreatif,” katanya.

Keesokan harinya, kegiatan akan diisi dengan sepeda santai dengan rute Bukit Bintang-Wanawisata Palawi-Limpakuwus-Kutayasa-Kemutug Kidul-Bukit Bintang dengan jarak sejauh 15 kilometer. Sepanjang jalan peserta juga dikenalkan dengan sejumlah destinasi wisata dan kawasan kerajinan bambu di Desa Kemutug Kidul.

Pada hari terakhir, akan digelar kegiatan lari dengan melewati sejumlah rute di Kecamatan Baturraden dan Sumbang. Setiap kelompok sadar wisata (pokdarwis) dari setiap desa disepanjang rute yang dilalui kegiatan lari itu dipersilakan memamerkan potensi masing-masing termasuk kesenian tradisional seperti tari-tarian.

Bupati Banyumas Achmad Husein berharap, Biketourrundance turut mendongkrak kunjungan wisatawan ke Banyumas, sehingga berdampak positif bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD). “Kedepan tidak hanya digelar selama tiga hari, mungkin bisa digelar selama satu bulan. Waktunya dibuat bertepatan dengan libur anak sekolah,” katanya.

 

Sumber : https://acarakita.net/tema-spirit-of-slamet-banyumas-akan-menggelar-biketourrundance/


Jumat, 02 November 2018