DinpertanKP Gelar Pameran Produk Pangan Lokal

Kabupaten Banyumas

DinpertanKP Gelar Pameran Produk Pangan Lokal

 

PURWOKERTO – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dinpertan KP) Kabupaten Banyumas menggelar pameran dan festival pangan berbasis sumber daya lokal Selasa dan Rabu (27-28/11) di Alun-alun Purwokerto. Kegiatan pameran berlangsung dua hari diikuti oleh perwakilan tim penggerak PKK kecamatan.

Kepala Dinpertan KP, Widarso mengatakan berbagai macam produk pangan lokal dari wilayah Banyumas dipamerkan dalam kegiatan ini.

”Acara digelar hari ini dan besok, berupa kegiatan pameran pangan lokal dan dirangkaikan dengan kegiatan lomba cipta menu beragam bergizi seimbang dan aman,” katanua.

Widarso menambahkan, pameran produk pangan lokal merupakan produk olahan milik para kelompok wanita tani di Banyumas. Tujuannya, mengenalkan produk-produk pangan olahan kepada masyarakat.

”Pameran ini untuk meningkatkan produk olahan pangan lokal agar mempunyai nilai ekonomi,” katanya.

Selain pameran produk olahan menurut Widarso, pada hari kedua Rabu (28/11) digelar kegiatan lomba cipta menu beragam bergizi seimbang dan aman untuk mencukupi kebutuhan gizi masyarakat sesuai dengan kebutuhan ideal gizi yang dibutuhkan.

Ulfa salah satu peserta dari Desa Kebumen Kecamatan Baturraden mengatakan pada pameran ini dirinya memamerkan tanaman hidroponik, dengan makanan olahan berupa eskrim berbahan baku sayur-sayuran. Dia mengolah sayuran menjadi es krim karena banyak anak anak tidak suka dengan makan sayuran langsung, dengan diolah menjadi eskrim yang cenderung disukai anak, nutrisi sayuran dapat dimakan anak-anak.

”Selama ini pemasarannya masih lokal dan online. Untuk sayuran sudah dititipkan di berbagai supermaket seperti Rita Supermal juga Morro. Dengan pameran ini saya berharap produk bisa semakin dikenal masyarakat,” tuturnya.

Menurutnya pameran ini menjadi sarana efektif untuk mengenalkan produk panganan olahan.


Rabu, 28 November 2018