Kabupaten Banyumas

Bawaslu Banyumas Tempati Kantor Baru

 

PURWOKERTO- Ketua Bawaslu RI Abhan Misbah bersama Bupati Banyumas Ir Achmad Husein meresmikan kantor baru Bawaslu Banyumas yang beralamatkan di Jalan Ahmad Yani Sabtu (19/1). Peresmian juga dihadiri oleh Forkompinda dan panwascam se Kabupaten Banyumas.

Bupati Banyumas, Ir. Achmad Husein mengajak kepada semua pihak untuk dapat melaksanakan pemilu secara baik dan aman. Kepada semua pihak baik penyelanggara pemilu, pengawas, pemilih dan kontestan untuk bersama-sama mewujudkan pemilu yang mermartabat. Kusus untuk para kontestan Bupati mengajak untuk bersaing secara bermartabat.

“Bermartabat jauh lebih penting dari kemenangan itu sendiri,” tandasnya.

Ketua Bawaslu Banyumas, Miftahudin mengatakan,pemindahan kantor dari Purwokerto Kulon ke Jl Ahmad Yani karena kantor lama ruangan sempit. Didini ada banya ruangan sehinggha pemindahan di rasa mendesak.

“Ini merupakan fasilitas dari Pemda. Sejak perubahan nama dari Panwaslu menjadi Bawaslu, maka ada penambahan tupoksi, tentu ini berpengaruh terhadap ruang yang sangat sempit saat di kantor lama,”katanya.

Demi memajukan Bawaslu, lanjutnya, kantor ini di berikan sebagai meningkatkan kinerja Bawaslu Banyumas.

”Operasional dan perawatan setelah resmi digunakan oleh Bawaslu, nanti menjadi tanggung jawab kami,” katanya.

Miftahudin menjelaskan sampai saat ini Bawaslu telah menangani tiga dugaan pelanggaran yang terkait dengan pelanggaran kampanye, baik yang bersifat pidana maupun beberapa pelanggaran admisistratif

“Tiga pelanggaran tersebut seperti kampanye yang dilakukan melalui radio maupun cetak yang seharusnya dilakukan mulai 24 Maret hingga 13 April,” jelasnya.

Tak hanya itu, pelanggaran lain seperti kampanye ditempat ibadah juga saat ini menjadi kasus yang sedang ditangani oleh Bawaslu.

Terkait pelanggaran APK di Sumbang, yang dilaporkan oleh salah satu partai, menurutnya laporan belum memenuhi syarat formil.

“Namun tetap kita tindak lanjuti sebagai laporan awal, kita tugaskan Panwascam untuk melakukan investigasi,” jelasnya


Selasa, 22 Januari 2019