Agenda HUT ke-448 Kabupaten Banyumas

Kabupaten Banyumas

Agenda HUT ke-448 Kabupaten Banyumas


(22 Februari 1571 – 22 Februari 2019)

PURWOKERTO – Jumat (22/2) mendatang, Kabupaten Banyumas genap berusia 448 tahun. Dalam rangka memperingati hari jadi ke-448 tersebut, Pemkab Banyumas telah menyiapkan sejumlah agenda.

“Bersih lingkungan pusat-pusat perkantoran akan dilaksanakan serempak pada Jumat (1/2) besok. Diharapkan pengelola pusat-pusat perbelanjaan dan industri dapat melakukan hal serupa,” kata Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Banyumas, Srie Yono SH MSi.

Adapun resik desa dan kelurahan dijadwalkan pada Minggu (3/2). Untuk itu, kata Srie Yono, seluruh elemen masyarakat diharapkan melaksanakan bersih-bersih di lingkungan RT atau RW masing-masing.

Adapun kegiatan pokok peringatan hari jadi terdiri tujuh kegitan. Pertama, ziarah ke maham Raden Joko Kahiman di Dawuhan Banyumas, Kamis (7/2).

Kedua, Tasyakur dan Ruwatan diagendakan pada Kamis (7/2) atau setelah acara ziarah.

Ketiga, Boyongan Soko Guru dari Kecamatan Banyumas dijadwalkan pada Minggu (10/2) sore.

Keempat, Kirab Pusaka Hari Jadi dijadwalkan Minggu (17/2) pagi.

Kelima, Upacara Hari Jadi dilaksanakan di Alun-Alun Purwokerto pada Jumat (22/2) pagi. Keenam, Sidang Paripurna DPRD dilaksanakan setelah Upacara Hari Jadi, Jumat (22/2) pagi.

Ketujuh, acara resepsi diselenggarakan pada Jumat (1/3) petang, bertempat di Alun-Alun Purwokerto. Acara resepsi ini diisi pagelaran wayang kulit oleh Ki Seno Nungroho dari Yogyakarta.

Agenda Pendukung
Selain agenda pokok, ada tiga kegiatan pendukung peringatan hari jadi tahun ini. Pertama, Kidung Banyumasan dan dilanjutkan pagelaran wayang kulit oleh Ki Bayu Pamungkas dari Solo.

“Kegiatan ini digelar di Alun-Alun Banyumas pada Sabtu (9/2) petang,” kata Aspem Kesra, Srie Yono.

Kedua, Lomba Ndopok Banyumasan dihelat di Gedung Gurinda Sarwa Mandala pada Selasa (19/2) pagi.

Ketiga, Banyumas Bersholawat bersama Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf akan dihelat awal Maret. Seperti tahun sebelumnya, acara Banyumas Bersholawat dihelat di GOR Satria Purwokerto.


Rabu, 30 Januari 2019