Kabupaten Banyumas

Deputi Bidang KSPK BKKBN Kunjungi Kampung KB Harmonis Desa Sumbang

 

BANYUMAS - Kampung KB Harmonis RW 02 Desa Sumbang Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas Jawa tengah mendapat kunjungan dari Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pusat Sabtu, (9/2/2019). Sebelum ke Sumbang Deputi Bidang KSPK BKKBN pusat M Yani sempat mengunjungi Kampung KB di Kelurahan Karangpucung Purwokerto Selatan dan Kampung KB Kelurahan Mersi Kecamatan Purwokerto Timur.

Pada kunjungan ini M Yani didampingi Direktur Bina Keluarga dan Remaja Eka Sulistiawaty Erdiningsih, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah Wagino, Kepala Dinas Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Banyumas Taefur Arofat dan rombongan lainnya.

M Yani menyampaikan bahwa Kampung Keluarga Berencana (KB) merupakan salah satu inovasi strategis untuk mengimplementasikan kegiatan prioritas pembangunan. Seperti Program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KBPK), kesehatan, pendidikan, sosial, ekonomi, dan lainnya.

"Kampung KB sangat berperan dalam meningkatkan keluarga sejahtera dan juga pengurangan penduduk miskin," tegasnya.

Terkait kunjungan di Kampung KB di Banyumas M Yani melihat partisipasi dan kreativitas dalam meningkatkan ekonomi keluarga cukup baik. Dengan adanya pembuatan kerajinan dari daur ulang sampah yang akhirnya dapat mempunyai nilai ekonomi yang lebih tinggi.

"Masyarakat juga dapat memaksimalkan pekarangan hal ini terlihat halaman rumah hijau dengan tanaman sayuran seperti lombok, terong, bayam dan lain sebagainya," jelasnya.

Sementara itu Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah Wagino mengaku senang dengan keberadaan Kampung KB di Banyumas yang cukup bagus.

"Saya melihat dua kampung KB Desa Sumbang dan Kelurahan Karangpucung layak menjadi nominasi tingkat Jawa Tengah," katanya.

Kepala DPPKBP3A Taefur Arafat mengatakan dari 331 desa dan kelurahan di Kabupaten Banyumas sudah berdiri 308 kampung KB.

"Kondisinya bermacam macam ada yang bagus ada yang biasa biasa saja. Yang bagus salah satunya Kampung KB Harmonis RW 02 Desa Sumbang yang ikut lomba KB Kes yang digelar Polda dan berhasil menjadi Juara 1 tingkat Provinsi," katanya


Senin, 11 Pebruari 2019