Bupati Husein Buka TMMD Sengkuyung I

Kabupaten Banyumas

Bupati Husein Buka TMMD Sengkuyung I


• Berlokasi di Desa Kanding Kecamatan Somagede

PURWOKERTO – Bupati Banyumas Ir H Achmad Husein bertindak sebagai inspektur pada Upacara Pembukaan TMMD Sengkuyung I, yang berlangsung di Lapangan Desa Kanding Kecamatan Somagede, Selasa (26/1).

Setelah itu, Bupati Achmad Husein membuka kegiatan Pasar Murah dan meninjau stand-stand yang meramaikan pasar murah di desa setempat.

Adapun kegiatan pra TMMD dilakukan sejak awal bulan Februari, meliputi perapihan lokasi sasaran dan pembangunan talud yang telah mencapai 95 persen.

"Kegiatan fisik selama TMMD adalah pembangunan jalan dengan rabat beton volume 2.370 meter dan pembangunan talud volume 400 meter," kata Pasiter Kodim 0701/Banyumas, Kapten Armed Sugeng Supriyadi, selaku Perwira Pelaksana TMMD Sengkuyung Tahap I tahun 2019.

Kegiatan tambahan, menurut Sugeng, meliputi bedah rumah (2 unit/bantuan BAZNAS), pemugaran RTLH (8 unit/APBDesa), dan jambanisasi (4 unit/BPR-BKK Purwokerto).

Selain itu, ada sejumlah bantuan yang diberikan untuk masyarakat setempat, yakni 100 paket sembako gratis (dari BAZNAS Kabupaten Banyumas), 50 paket sembako gratis (TP-PKK Kabupaten Banyumas), pengobatan gratis bagi 150 orang (CSR), bantuan bibit tanaman dari DLH Kabupaten Banyumas (500 pohon sirsak dan 2000 mahoni), serta 15 jerigen pupuk cair organik.

Selain kegiatan fisik, TMMD Sengkuyung I tahun ini juga didukung beberapa kegiatan non fisik. Antara lain penyelenggaraan Pasar Murah (22 stand), penyuluhan dan pelatihan, serta pelayanan KB Kesehatan gratis.

Peserta upacara terdiri dari TNI dan POLRI, masing-masing 1 SST dari Kodim 0701/Banyumas, Polres Banyumas, Brimob Purwokerto, dan Satpol PP Kabupaten Banyumas.

Peserta upacara dari non TNI/Polri meliputi Tagana, Karang Taruna, PKH Kabupaten Banyumas, tenaga ahli P3MD dan pendamping desa, dan asosiasi UPK, perangkat desa/ASN/KORPRI Kecamatan Somagede, TP PKK, ormas kepemudaan, masyarakat, serta pelajar SD, SMP, dan SMA/SMK kecamatan setempat.

Korp musik pada Upacara Pembukaan TMMD kali ini adalah santri Pondok Pesantren Miftahul Jannah Banyumas.

Bupati Banyumas Ir H Achmad Husein, didampingi Forkopimda, membuka kegiatan TMMD dengan memukul kentongan. TMMD yang melibatkan personel TNI/Polri dan masyarakat itu akan berlangsung sejak 26 Februari hingga 27 Maret 2019. (*)


Rabu, 27 Pebruari 2019