Kabupaten Banyumas

KBI Banyumas Gelar Pelatihan Dasar Kesehatan Reproduksi

 

Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Banyumas menggelar Pelatihan Dasar (Basic Training) Kesehatan Reproduksi bagi calon relawan remaja PKBI, Jumat-Minggu (22-24/3/2019), di Rumah Joglo Jl. Siliwangi Desa Rempoah Kecamatan Baturraden Banyumas. Kegiatan bertujuan untuk melahirkan relawan remaja PKBI yang mampu menjembatani lingkungannya agar memperoleh pengetahuan seputar kesehatan reproduksi (Kespro).

Kegiatan dibuka oleh Pengurus Nasional PKBI Agus Santoso. Ia berharap dengan adanya pelatihan dapat membantu terbentuknya relawan kespro yang mempunyai pengetahuan luas dan mampu menjadi rujukan, serta tempat curhat masalah kespro di lingkungannya.

Sementara Pengurus PKBI Banyumas dr Dewi Kiswani mengatakan pelatihan berlangsung selama tiga hari diikuti 25 remaja yang mempunyai komitmen bersama PKBI menjadikan remaja Banyumas yang sehat yang peduli dengan dirinya dan lingkungan.

"Mereka menerima materi kesehatan reproduksi, penanggulangan HIV dan Aids, bahaya narkoba, mencegah kehamilan yang tidak diinginkan yang diberikan fasilitator dari PKBI Jawa Tengah," katanya.

Melalui pelatihan ini Dewi berharap tercipta remaja yang handal dan sehat untuk kemajuan Bangsa.

Pemateri PKBI Jateng Dwi Yunanto mengatakan pelatihan akan menjadi modal bagi remaja dalam gerakan menjadikan remaja Banyumas yang sehat dan bertanggung jawab khususnya dalam bidang kesehatan reproduksi.

" Mudah mudahan ini menjadi langkah awal dan titik tolak bagi remaja PKBI Banyumas," katanya


Senin, 25 Maret 2019