Ratusan Pemuda Menyuarakan SDGs melalui Kegiatan Walk4SDGs

Kabupaten Banyumas

Ratusan Pemuda Menyuarakan SDGs melalui Kegiatan Walk4SDGs

 

Ratusan pemuda Purwokerto melakukan parade untuk menyuarakan SDGs kepada masyarakat secara langsung di Gor Satria Purwokerto pada Minggu pagi, 28 April 2019. Kegiatan dengan nama Walk for SDGs ini merupakan parade pemuda terbesar yang dilakukan oleh AIESEC Indonesia. Pada tahun ini, Walk for SDGs dilaksanakan secara serentak di lima kota yaitu di Surabaya, Bekasi, Jember, Purwokerto, dan Surakarta.

Figure 1 Parade SDGs

AIESEC merupakan partner resmi PBB dalam mewujudkan SDGs dalam program Youth for Global Goals. Kegiatan Walk for SDGs sudah dilaksanakan AIESEC Indonesia sejak tahun 2016 dengan melibatkan berbagai komunitas pemuda, influencer, dan badan pemerintah di berbagai kota. Kegiatan ini juga merupakan dukungan AIESEC Indonesia kepada pemerintah untuk implementasi SDGs baik di tingkat daerah maupun nasional.

Walk for SDGs yang diselenggarakan oleh AIESEC in UNSOED dilaksanakan di Gor Satria Purwokerto yang dibuka oleh Bapak Wahyono perwakilan dari Bappedalitbang Kabupaten Banyumas. Dinas Pemuda dan Olahraga serta Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Banyumas turut mendukung acara ini. Valen Hadi Putri, Duta GenRe Jawa Tengah 2018, Muhammad Zuhran Ali Sagaf, Juara Harapan 1 Kakang Mbekayu Banyumas, dr. Dimas Arief Destiyono, dokter dan owner Hellobeauty skincare juga turut hadir dalam acara Walk for SDGs.

Figure 2 Parade SDGs

Jauh sebelum Hari-H pelaksanaan parade, ratusan pemuda menunjukkan supportnya secara digital dengan menggunakan twibbon di Instagram dengan tagar #AkuUntukSDGs. Secara umum, Walk for SDGs dilakukan dengan parade sambil menyuarakan SDGs dengan yel-yel khusus serta menginformasikan secara langsung kepada masyarakat tentang penerapan SDGs di Indonesia. Pada kesempatan kali ini, AIESEC memilih sejumlah SDGs sebagai fokus, yaitu No Poverty, Quaity Education, Decent Work and Economic Growth, Gender Equality, serta Life on Land. Setelah parade, berbagai influencer akan menyampaikan aspirasi mereka mengenai SDGs, selain itu juga dilaksanakan sejumah quiz  dan games untuk memeriahkan kegiatan ini. Walk for SDGs ditutup dengan menandatangani banner sebagai wujud komitmen pemuda untuk menyukseskan implementasi SDGs hingga tahun 2030.

Figure 3 Pemuda menandatangani banner sebagai wujud komitmen untuk menyukseskan implementasi SDGs

Meskipun AIESEC telah menyelenggarakan Walk for SDGs dengan baik di lima kota, namun gerakan ini tidak hanya berhenti di situ. Pada bulan September nanti, sejumlah kota akan turut melaksanakan Walk for SDGs kembali.

Mengenai AIESEC dan Walk for SDGs

AIESEC merupakan suatu organisasi pemuda internasional yang hadir di lebih dari 126 negara, salah satunya di Indonesia. Di Indonesia sendiri, AIESEC telah berdiri selama lebih dari 30 tahun dan tersebar di 26 universitas. AIESEC hadir sebagai platform pengembangan kepemimpinan pemuda melalui beragam program pertukaran seperti Global Volunteer, Global Entrepreneur, dan Global Talent. Selain itu AIESEC juga turut mengembangkan pemuda di luar anggotanya melalui kegiatan aktivasi seperti Youth Speak, Global Village, dan juga beragam proyek sosial yang dapat diikuti oleh mahasiswa lokal dan asing.

Figure 4 Walk for SDGs diakhiri dengan foto bersama

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada bulan April ini AIESEC Indonesia menyelenggarakan kembali kegiatan kampanye Walk for SDGs. Walk for SDGs kali ini diselenggarakan di 5 kota di Indonesia yang meliputi Bekasi, Surabaya, Solo, Jember, dan Purwokerto. Walk for SDGs dihadirkan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat akan Sustainable Development Goals melalui kegiatan parade kreatif (long march) pemuda terbesar di Indonesia. Selain itu kegiatan ini juga sebagai bentuk dukungan AIESEC terhadap program pemerintah dalam mengimplementasikan SDGs di daerah dan nasional. Secara total terdapat lebih dari 1000 pemuda yang berpartisipasi dalam kegiatan ini secara fisik maupun virtual.

 


Senin, 29 April 2019