Purwokerto Timur Juara Festival Kentongan 2019

Kabupaten Banyumas

Purwokerto Timur Juara Festival Kentongan 2019

 

Purwokerto: Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas mengumumkan enam pemenang lomba Festival Kenthongan Tingkat Kabupaten Tahun 2019. Festival yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT ke-74 Republik Indonesia itu digelar Sabtu (24/8/2019) malam lalu itu menempatan Purwokerto Timur sebagai Jawara

Sekretaris Dinporabudpar Drs Suwondo mengatakan tujuan festival tersebut adalah untuk melestarikan dan mengembangkan musik thek-thek kenthongan, menumbuh kebangkan grup-grup musik ini sekaligus untuk memeriahkan peringatan HUT RI ke 74. Menurutnya festival kali ini berlangsung sangat meriah dan kwalitas peserta juga sangat bagus dengan tema utama “wayang”. Hampir semua peserta menampilkan tokoh wayang dalam setiap penampilanya.

“Sebagai juara pertama adalah Juara 1 Kecamatan Purwokerto Timur, Juara 2 Kecamatan Kembaran, Juara 3 Kecamatan Rawalo. Sedangkan Juara harapan 1 diraih oleh Kecamatan Purwokerto Utara, Harapan 2 Kecamatan Sumpiuh dan Harapan 3 Kecamatan Purwojati,” jelasnya Rabu (28/8/2019).

Kreteria penilaian menurut Wondo meliputi penggarapan musikalisasi kentong mempunyai bobot tertinggi 50 %, kemudian penggarapan vocal 20 %, untuk kreatifitas jalan, koreografi dan busana/poperti masing masing 10 %.

“Peserta diberi kesempatan untuk display di garis start dengan alokasi waku 5 menit, dengan membawakan lagu yang sudah disepakati,” jelasnya

Para pemenang festival kentongan tersebut, menerima hadiah masing-masing Rp 6 juta untuk juara 1, juara II Rp 5 juta, juara III, 4 juta. Sementara juara harapan mendapatkan; Rp 3 juta harapan 1, harapan II Rp 2,5 juta dan harapan III 2 juta.

“Selain itu, seluruh peserta yang terdiri dari 27 group juga menerima biaya bantuan tranpsortasi sebesar Rp 3.500.000,- dipotong pajak,” tambahnya.

Keberhasilan Purwokerto Timur ini bukanlah kebetulan karena mereka selalu menjadi juara dan tahun 2018 mereka menjadi Juara 2. Purwokerto Timur yang diwakili oleh Group Baladewa menjadi jawara mengulang sukses tahun 2015 waktu itu dengan membawa nama Vistrand.


Kamis, 29 Agustus 2019