Job Fair Kabupaten Banyumas 2019

Kabupaten Banyumas

Ratusan pencari kerja memadati pameran kesempatan kerja atau Job Fair Kabupaten Banyumas 2019 di Gelanggang Olah Raga Satria, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah,  29-30 Agustus 2019.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (Dinnakerkop UKM) Kabupaten Banyumas Wisnu Hermawanto mengatakan penyelenggaraan pameran bursa kerja tersebut didanai APBN melalui Kementerian Tenaga Kerja. Dia mengharapkan dari 30 perusahaan yang mengikuti pameran bisa menyerap tenaga kerja di Kabupaten Banyumas lebih dari 1.000 orang.

Ia mengatakan mulai tahun 2020, pihaknya akan menggandeng perguruan tinggi dalam pelaksanaan pameran bursa kerja karena selama ini penyelenggaraannya masih sendiri-sendiri.

Banyaknya lowongan pekerjaan sangat dibutuhkan oleh pencari kerja yang berdatangan dari daerah Banyumas dan sekitarnya. Namun sedikitnya formasi yang tersedia pada job fair ini dikeluhkan oleh pengunjung karena rata-rata lowongan yang tersedia formasinya seragam yaitu bagian administrasi.

Saat dikonfirmasi dengan Kabid Pengembangan dan Perluasan Kesempatan Kerja dan Transmigrasi Dinnakerkop UKM Kabupaten Banyumas Agus Widodo mengatakan keluhan pengunjung pihaknya sudah merespon. Upaya yang dilakukan adalah mencoba melakukan MoU dengan perusahaan di luar Kabupaten Banyumas.

“Kita menawarkan kerja sama terkait manakala kita mengadakan job fair lagi, mereka bisa mengambil peran di dalamnya. Jadi terus terang kita tidak bisa asal menarik perusahaan itu untuk datang ke sini harus melakukan negosiasi dulu dengan melakukan kunjungan ke daerah lain.”


Jumat, 30 Agustus 2019