Pemkab Banyumas Gelar Shalat Minta Hujan

Kabupaten Banyumas

Pemkab Banyumas Gelar Shalat Minta Hujan

 

Purwokerto - Ratusan aparatur sipil negara mengikuti shalat Istisqa, Selasa (24/9/2019) di Alun-Alun Kota Purwokerto. Kegiatan yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Banyumas bertujuan memohon kepada Allah SWT agar segera menurunkan hujan, mengingat penurunan curah hujan di wilayah Banyumas sejak dua bulan terakhir. Bertindak sebagai imam shalat sekaligus khatib Ketua MUI Kabupaten Banyumas KH Chariri Sofa. Bupati Banyumas Achmad Husein beserta muspida mengikuti shalat tersebut.

Usai pelaksanaan shalat, Ketua MUI Kabupaten Banyumas KH Chariri Sofa menjelaskan bahwa shalat tersebut digelar karena melihat kondisi kekeringan di wilayah Banyumas selama beberapa waktu belakangan akibat penurunan curah hujan.

"Kita berharap Allah SWT segera menurunkan hujan, menurunkan air yang membawa berkah bukan air yang membawa musibah, bukan air yang mendatangkan banjir, akan tetapi air hujan yang mendatangkan rahmat," katanya.

Ketua MUI itu menambahkan shalat Istisqa memang dianjurkan digelar di tempat terbuka dan dalam kondisi panas terik.

"Karena itu kita melaksanakan shalat ini dalam kondisi panas terik di tempat terbuka yakni Alun-Alun Kota Purwokerto, dan kita sebagai manusia hanya bisa memohon dan berusaha," katanya.

Sementara itu, usai melaksanakan shalat, Bupati Achmad Husein, mengatakan Shalat Istisqa di Kabupaten Banyumas rencananya dilakukan di 4 titik dan sudah terlaksana di 3 titik. Kekeringan di Kabupaten Banyumas melanda 60 desa dari 19 kecamatan yang ada. Desa desa tersebut mengalami kekeringan dan krisis air bersih.

“Namun pemerintah masih mampu memberikan bantuan air, jumlahnya sekitar 300 tangki air untuk didistribusikan,” kata Bupati Husein

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Banyumas, Ariono Poerwanto mengatakan pihaknya terus melakukan distribusi secara berkala ke wilayah-wilayah terdampak kekeringan.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan bahwa sejumlah wilayah di Jawa Tengah akan memasuki awal musim hujan pada bulan Oktober 2019


Rabu, 25 September 2019