BANYUMAS DI GERAKAN MENUJU 100 SMART CITY 2019

Kabupaten Banyumas

Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G. Plate dalam acara Gerakan Menuju 100 Smart City 2019 yang diadakan di Balai Sudirman, Jl. Dr. Suharjo No. 268 Menteng Dalam Jakarta Selatan, yang dilaksanakan pada tanggal 3 s.d. 6 November 2019. Acara ini diikuti oleh 75 Kabupaten/ Kota yang mengikuti gerakan pada tahun 2017 dan 2018

Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa Pemerintah Indonesia tengah membangun infrastruktur digital secara massive berupa pembangunan tol langit, penambahan jumlah menara telekomunikasi (BTS) dan rencana peng-orbitan satelit milik Kemenkominfo. Infrastruktur ini diharapkan dapat mewujudkan pemerataan koneksi internet di seluruh wilayah Indonesia termasuk Daerah 3T, yaitu: Daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal. Namun pembangunan smart city tidak bisa dibangun dalam waktu singkat, master plan yang telah disusun oleh Kabupaten/Kota kemudian perlu ditindaklanjuti dengan tahapan implementasi dan evaluasi. Sehingga akan terwujud peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat serta efisiensi dalam birokrasi.

Menteri Komunikasi dan Informatika RI memberikan sebuah penghargaan E-Government Award terhadap Kabupaten/ Kota yang telah menerapkan teknologi dan informasi di lingkungan pemerintahan seperti instansi pemerintah paling aktif dalam menggunakan teknologi informasi, inovator terbaik, instansi yang aktif menggunakan Aplikasi Cerdas Layanan Perizinan Terpadu Untuk Publik (siCANTIK), instansi yang aktif menggunakan kantor maya SiMAYA, instansi yang menggunakan domain go.id terbanyak, dan instansi yang memakai email go.id terbanyak.

Bapak Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein, mengawali presentasi dengan memperkenalkan diri beserta rombongan dari Kabupaten Banyumas, kemudian diikuti dengan menyaksikan video quick win program unggulan smart city Kabupaten Banyumas yang terdiri dari tiga program yaitu SALINMAS (Sampah Online Banyumas), PSC 119, dan Pattas Mitra Kurir Langit. Bupati Banyumas juga menyampaikan paparan tentang smart city di Kabupaten Banyumas mulai dari analisis strategis, visi dan misi, potensi-potensi yang dimiliki, kondisi existing sampai dengan permasalahan yang dihadapi dalam pengembangan smart city di Kabupaten Banyumas.

Panelis mengapresiasi Kabupaten Banyumas yang telah meluncurkan program SALINMAS, karena jarang sekali Kabupaten/Kota yang memfokuskan diri pada pengembangan Smart Environment

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada 25 Kabupaten/Kota peserta Gerakan Menuju 100 Smart City tahun 2019 dan Bupati Banyumas memperoleh penghargaan karena telah menyampaikan setiap tahapan dan menyusun master plan smart city dengan baik dan sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan.


Jumat, 08 November 2019