Kabupaten Banyumas

SMA Negeri Ajibarang Juara Sekolah Sehat Tingkat Propinsi

 

SMA Negeri Ajibarang meraih penghargaan sebagai sekolah sehat tingkat Propinsi Jawa Tengah. Penghargaan diserahkan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada Kepala Sekolah SMA Negeri Ajibarang Heri Supraptoyo pada upacara hari Guru tingkat Jawa Tengah, Senin (25/11/2019) di Halaman SMA Negeri 1 Semarang.

Pembina dan tim pelaksana UKS SMA Negeri 1 Ajibarang, Irsyam Prihadi, mengatakan dalam rangka mewujudkan sekolah sebagai taman belajar, pihaknya berusaha menguatkan karakter warga sekolah agar peduli lingkungan dan kesehatan, sebagai penunjang pencapaian prestasi. Menurutnya perilaku hidup bersih dan sehat senantiasa ditanamkan pada warga sekolah, selain untuk kepentingan kesehatan diri, warga sekolah juga diharapkan mampu menjadi role model dan agen transformasi dan informasi penggerak perubahan masyarakat.

"Masyarakat di sini diawali dari kelompok terkecil, yakni keluarga masing-masing, kemudian meluas ke masyarakat sekitarnya," katanya.

Penghargaan Lomba Sekolah Sehat, merupakan bukti pengakuan pemerintah propinsi Jawa Tengah kepada SMAN 1 Ajibarang yang berhasil membentuk pembiasaan dan karakter hidup bersih dan sehat bagi warganya.

Heri Supraptoyo selaku Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Ajibarang mengaku bangga sekolahnya menjadi Juara 1. Menurutnya penghargaan tersebut menjadi kebanggaan tersendiri sekaligus amanah yang harus diemban dan dibuktikan oleh guru-guru dan warga sekolah dalam peransertanya menarik lokomotif perubahan perilaku dan mindset masyarakat dari kebiasaan pola hidup yang tidak sehat menjadi pola hidup bersih dan sehat.

"Sumbangsih SMAN 1 Ajibarang dalam dunia pendidikan kesehatan diharapkan dapat bersama-sama dengan pemerintah dan stake holder yang lain dalam menambah kekuatan menuju masyarakat Banyumas yang lebih baik. Banyumas Better, Better Banyumas," katanya.


Selasa, 26 November 2019