Bupati Banyumas Bicara Solusi Tentang Sampah di Metro TV

Kabupaten Banyumas

Dengan jumlah penduduk lebih dari 1 juta jiwa, Kabupaten Banyumas memiliki permasalahan yang klasik yaitu pengelolaan sampah dimana bertambahnya penduduk maka akan semakin bertambah pula aktivitas penduduk yang akhirnya menambah jumlah limbah sampah.

Pemerintah Kabupaten Banyumas senantiasa berupaya dan melakukan terobosan dengan cara membangun Pusat Daur Ulang (PDU) yang ditujukan sebagai upaya pengelolaan sampah. Sehingga saat ini volume sampah yang dibuang ke TPA menurun dari 90 truk perhari menjadi hanya 30 truk perhari dan ke depannya pengelolaan sampah direncanakan tidak lagi dikelola di TPA namun diselesaikan dari hulu yang sebenarnya, yaitu pengurangan sampah itu sendiri.

Untuk lebih mendoron peran warga dalam pengurangan sampah, serta memberikan pemahaman tentang nilai ekonomi dari sampah maka Pemerintah Kabupaten Banyumas telah meluncurkan sebuah aplikasi dengan nama “APLIKASI SALINMAS” yaitu aplikasi Sampah Online Banyumas dimana aplikasi ini memberikan edukasi tentang pemilahan sampah dan juga dimanfaatkan sebagai media transaksi keekonomian sampah.

Karena prestasinya maka Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein diundang ke Metro TV yang ditayangkan Rabu (18/12) untuk menjelaskan solusi pengurangan sampah di Kabupaten Banyumas dengan 2 (dua) nara sumber lainnya yaitu F. Supadi dari Malang dan Ananto Isworo dari Kampung Brajan.

Diharapkan banyak warga yang sadar untuk mengelola sampah maka akan berperan mengurangi jumlah sampah yang ada khususnya di Kabupaten Banyumas


Kamis, 19 Desember 2019