Kabupaten Banyumas

Inspektorat Gelar “Sosialisasi Saber Pungli”, Wujudkan Banyumas Bebas Pungli



BANYUMAS – Inspektorat Kabupaten Banyumas bersama dengan Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) menyelenggarakan “Sosialisasi Saber Pungli” bagi Pejabat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Banyumas Rabu (15/1/2020) di Hotel Grand Karlita Purwokerto. Sosialisasi ini dibuka secara resmi oleh Bupati Banyumas, Ir. Achmad Husein.

Bupati Banyumas dalam sambutan pembukaan berharap bahwa setelah nanti ada penjelasan bisa mengerti dan instrospeksi diri atau tau orang lain melakukannya kemudian mencegahnya supaya tidak melakukannya. Ia menambahkan bahwa tindak penolakan terhadap pungli jangan semata mata dilakukan karena takut, namun dicegah supaya tidak merusak tatanan yang ada dan melanggar hak orang lain serta melanggar aturan sudah berlaku dimasyarakat.

“Tolong untuk tidak melakukannya (pungli) dan nanti dari narasumber akan menjelaskan apa itu pungli, apa itu sapu bersih dan bagaimana hakikat daripada saber pungli itu. Maka mulai sekarang stop! Saya peringatkan stop! Maka rubahlah menjadi tidak ada”, tegasnya.

Achmad Husein menyampaikan bahwasanya akan ada tim pengawasan yang akan mengecek langsung di lapangan. Tidak menutup kemungkinan, Bupati Banyumas akan melakukan sidak bersama dengan tim kepolisian dan kejaksaan bila berbagai usaha pencegahan tidak berhasil, namun sejauh ini Bupati Banyumas masih menahan diri untuk melakukan sidak secara besar-besaran.

Sosialisasi ini dihadiri oleh narasumber dari berbagai instansi seperti kepala Kejaksaan Negeri Purwokerto, kepala Kejaksaan Banyumas, beserta Polresta Banyumas. Acara ini dihadiri oleh 200 tamu undangan yang berasal dari pejabat diseluruh Kabupaten Banyumas.


Kamis, 16 Januari 2020