Kabupaten Banyumas

Desa Tanggeran Miliki Bale Desa Baru



BANYUMAS – Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein meresmikan bangunan baru Balai Desa Tanggeran, Kecamatan Somagede, Kabupaten Banyumas Kamis (16/01). Turut hadir pada acara tersebut beberapa Kepala OPD, Camat berserta Forkompica, dan Kepala Desa Sekecamatan Somagede.

Dalam sambutannya, Bapak Bupati memberikan pesan kepada Kepala Desa dan Perangkatna agar dapat memahami tata cara penggunaan anggaran desa dengan benar. Masyarakatpun diminta untuk turut serta mengawasi penggunaan anggaran APBDes.

“Mengeluarkan uang ada tata caranya. Maka dari itu ada namanya APBDes, semuanya itu dasarnya ada. Mau keluarin ini, oh ini planningnya diawal ada ga. Dan perencanaan ini harus disetujui oleh semua pihak terkait misalnya APBDes. Diawal sudah jelas tinggal kita rancang di pemerintahan daerah kemudian disetujui oleh kepada desa dicatat bersama segala macam alokasinya. Sudah jelas masing-masing ada bagian yang disebut biaya langsung dan biaya tidak langsung”, jelas Bupati.

Bupati bepersan kepada Kepala Desa dan Perangkatnya dengan telah terbangunnnya balai desa menjadi bagus agar diikuti pelayananan bagus pula. Anggapalah masyarakat itu atasan.

“Jangan sampai warfa yang datang minta pelayanan dibiarkan saja. Apabila  melayani yang lain agar diberi informasi, sehingga masyarakat puas terhadap puas terhadap pelayanan,” tambahnya

Desa Tanggeran memiliki luas tanah sekitar 580,410 hektar (ha), dengan menghasilkan bermacam-macam hasil bumi seperti merica, vanilla, pala, kopi, cengkeh, kelapa dan perkebunan durian, Bapak Bupati berharap masyarakat dapat menggunakannya menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk memajukan desa. Terlebih masih banyak lahan kosong yang belum dipergunakan. Selain itu Desa Tanggeran juga memiliki kerajinan tangan yang menjadi ciri khas, yaitu kain tenun Lurik.

Sementara itu  Kepala Desa Tanggeran Rawan mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Banyumas, sehingga bisa terbangun balai desa yang bagus dan dekat jalan raya. Dengan bagusnya gedung balai desa dia berharap akan memotivasi dalam memberikan pelayanan.  

Setelah itu acara dilanjut dengan potong tumpeng dan potong pita sebagai simbol telah diresmikan Balai Desa Tanggeran. Pada kesempatan ini Bupati Banyumas menyerahkan Bahan Pangan, untuk kegiatan penanganan kemiskinan yang berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kecamatan Somagede.


Jumat, 17 Januari 2020