Penerapan K3 Harus Lebih Efektif, Efisien dan Inovatif

Kabupaten Banyumas

Penerapan K3 Harus Lebih Efektif, Efisien dan Inovatif



BANYUMAS : Peringatan Bulan Keamanan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) harus menjadi momen pentingnya K3 bagi para pekerja. Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono menyampaikan kata sambutan Menteri Tenaga Kerja Republik Indinesia, Ida Fauziah yang mengingatkan kepada seluruh karyawan untuk selalu mengutamakan keselamatan kerja. Hal tersebut jangan sampai terabaikan.

"Penerapan K3 dalam menghadapi revolusi industri 4.0 diperlukan strategi pengendalian yang lebih efektif, efisien serta inovatif dalam mencegah terjadinya kecelakaan kerja dan akibat kerja. Situasi ini tentu meningkatkan kewaspadaan kita akan pentingnya mengantisipasi potensi problem K3 baru," kata Sadewo, di Halaman Parkir Depo Pelita Sokaraja, Kamis (06/02/2020).

Sadewo mengajak semua upaya harus dilakukan untuk dapat memperbaiki dan meningkatkan kinerja K3 dari tahun lalu.

"Semua karyawan baik di perusahan dan tempat lain harus mematuhi prosedur dan peraturan K3, agar kita capai zero accident. K3 tidak hanya saat berkerja di perusahaan saja namun juga saat berangkat dan pulang kerja. Saya yakin jika semua hal tersebut diatas kita lajukan terus-menerus secara konsisten, budaya K3 yang diinginkan akan tercipta dengan sendirinya dan semua pekerjaan dapat diselesaikan sesuai jadwal dan target, tanpa kecelakaan dan penyakit akibat kerja," jelasnya

Penerapan K3 pada revolusi industry 4.0 masih menghadapi banyak tantangan, salah satunya adalah kesiapan tenaga kerja Indonesia dalam menghadapi digitalisasi. Perubahan tersebut akan menimbulkan hilangnya beberapa jenis pekerjaan dan memunculkan jenis-jenis pekerjaan baru dengan pendekatan digital dan IT.

Fenomena ini dapat berdampak pada timbulnya jenis potensi bahaya baru. Oleh karena itu diperlukan strategi pengendalian yang lebih efektif, efisien serta inovatif dalam mencegah terjadinya kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. Situasi ini tentu membutuhkan kewaspadaan/kita akan pentingnya mengantisipasi potensi problem K3 baru, sembari terus memastikan agar pekerjaan yang bersifat manual tetap terlindungi keselamatan dan kesehatannya.

Usai mempimpin upacara Wakil Bupati Banyumas menyerahkan penghargaan kepada Badan Usaha yang tertib admnistrasi dalam bidang administrasi BPJS ketenagakerjaan yang diberikan kepada Indeso Aroma, RSUD Banyumas dan Rumah Sakit Islam Purwokerto. Selain itu Badan Usaha yang tertib dalam BPJS kesehatan diberikan kepada PT Prima Karya Sarana Sejahtera, Perumdam Satria Purwokerto dan Rumah Sakit Santa Elisabet Purwokerto.


Jumat, 07 Pebruari 2020