GOWES BANYUMAS CINTA POHON

Kabupaten Banyumas

GOWES BANYUMAS CINTA POHON

Dalam rangka memperingati Hari Sampah Tahun 2020 tingkat Kabupaten Banyumas, digelar "Banyumas Menanam". Kegiatan akan dilakukan hari ini Jumat 13 Maret 2020 jam 07.30 sampai dengan selesai di lokasi eks Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Gunung Tugel.

Menurut rencana sedikitnya 2150 bibit pohon akan ditanam karena sudah dipersiapkan lubangnya oleh Dinas Lingkungan Hidup dan relawan. Sedangkan bibit yang disiapkan mencapai 3000 bibit. Banyumas Cinta Tanaman akan dipimpin langsung oleh Bupati Banyumas Bapak Ir Achmad Husein bersama unsur Forkopimda dengan melibatkan 750 orang dari unsur OPD Kabupaten Banyumas, TNI, Polri, Kejari Purwokerto dan Banyumas, Kecamatan Kota dan Patikraja, Kelurahan dalam kota, perwakilan Desa Kedungrandu, Pramuka Saka Kalpataru, perwakilan Sekolah Adiwiyata Banyumas dan Kelompok Peduli Lingkungan Lembahku Asri. Sebelumnya Bupati bersama rombongan akan Gowes Banyumas Cinta Pohon dari Start dari Pendopo Sipanji.

2150 pohon yang akan ditanam antara lain jenis kelapa 500 bibit,  mahoni 550 bibit, santigi 500 bibit, kemiri 50 bibit, Pule 50 bibit, trembesi 150 bibit, Matoa 200 bibit, Pucung 20 bibit, Rasamala 10 bibit total 2030 bibit ini bantuan dari Bidang RTH dan Pertamanan/Bantuan dan pegiat lingkungan.

Sementara bantuan dari Bidang Kebersihan 700 bibit terdiri atas bibit Trembesi, Gayam, Mahoni dan Kanthil. Untuk Bidang PPKLH sebanyak 250 bibit Berupa berupa bibit Bambu, Mahoni dan Pucung.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk membangun kesadaran bersama untuk pelembagaan masyarakat yang peduli lingkungan serta sebagai Ruangan Terbuka Hijau (RTLH).


Jumat, 13 Maret 2020