Pemkab Banyumas Mulai Layani Langsung Di Kantor

Kabupaten Banyumas

Dalam rangka menjaga keberlangsungan pelaksanaan tugas dan fungsi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik serta menyongsong tatanan normal baru yang produktif dan aman dari Covid-19, jajaran Pemkab Banyumas mulai Rabu (10/06/2020) secara bertahap mengadakan pelayanan langsung kepada masyarakat. Aparatur Sipil Negera (ASN) pun sudah mulai melakukan absen elektronik. Selama ini ASN secara bergantian ada yang melakukan Work From Hom (WFH) dan pelayanan kepada masyarakat dilakukan secara online untuk menghindari kontak langsung.

Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Banyumas Rintawati mengatakan bahwa ASN mulai hari ini, melakukan mekanisme kerja tatanan normal baru atau new normal dengan berkerja dengan menggunakan standrt covid-19. Seperti dalam ruangan tetap menjaga jarak, masuk ruangan dengan cuci tangan dulu atau menggunakan hand sanitizer, kemudian dilakukan cek tubuh, saat absen tetap jaga jarak dan menggunakan masker.

“Bagi yang Work From Home masih memungkinkan, dengan syarat surat tugas dan surat keterangan dokter bagi yang mempunyai penyakit yang berisiko seperti darah tinggi diabetis militus maupun kanker,” katanya

ASN diharapkan dengan tetap menggunakan standart covid-19, agar bekerja dan melayanai masyarakat dengan aman. ASN diharapkan menghindari penggunaan kendaraan umum untuk mengurangi kerumunan.

“Diusahakan dengan kendaraan pribadi, apabila ada yang terpaksa menggunakan kendaraan umum, agar menggunakan jaket, sebelum masuk kantor jaket dilepas dan nanti setelah sampai dirumah segera dicuci,” katanya.

Joko Wikanto Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Banyumas mengatakan hari ini ASN di kantornya tidak ada yang WFH. Pihaknya pun telah menerapkan standart covid-19 seperti cuci tangan, sek suhu badan dan jaga jarak.

“Termasuk para pengunjung pepustakaan dan dan arsip, hari ini kamu mulai melakukan pelayanan dengan jumlah terbatas. Didalam ruangan perpustakaan hanya diijinkan 10 orang, setelah selesai baru ganti pengunjung berikutnya. Semua wajib mengikuti protokol,” jelasnya

Hal yang sama disampaikan oleh Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Dwi Mulyanto yang menyatakan kesiapannya dalam menghadapi new normal ASN dalam melaksanakan tugasnya.


Rabu, 10 Juni 2020