Aksi Komunitas Pesepeda Dinkominfo Banyumas Bagikan Masker dan Sosialisasi Pencegahan Covid-19

Kabupaten Banyumas

 Aksi Komunitas Pesepeda Dinkominfo Banyumas Bagikan Masker dan Sosialisasi Pencegahan Covid-19

Komunitas pesepeda dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Banyumas mengadakan gowes amal dengan membagikan puluhan masker dan nasi bungkus kepada petugas kebersihan, petugas parkir, tukang becak dan lainnya, (Jumat 17/7/2020). Kegiatan ini sebagai upaya Pemkab Banyumas untuk menyosialisasikan pencegahan penyebaran Covid-19 kepada masyarakat.
Koordinator gowes amal, Yayah Setiyono mengatakan, kegiatan ini rutin dilaksanakan tiap Jumat pagi. Sasarannya para warga yang beraktivitas di sepanjang jalan protokol Purwokerto, utamanya mereka yang berisiko terpapar udara tanpa menggunakan alat pelindung diri (masker).
‘Kegiatan gowes ini rutin dilaksanakan setiap Jumat. Awalnya, hanya membagikan nasi bungkus untuk petugas kebersihan dan tukang parkir. Setelah ada pandemi covid-19, sekalian kita sosialisasikan pencegahan dengan membagi masker dan brosur kepada masyarakat,’ kata Yayah yang juga Kepala Dinkominfo Banyumas.
Yayah mengatakan masker tersebut juga dibagikan kepada warga yang tak bermasker saat berkaktivitas di jalan. Pembagian nasi bungkus dan masker tersebut merupakan hasil donasi dari para pegawai Dinkominfo. Sedangkan untuk penyebaran brosur menjadi kegiatan rutin Dinkominfo untuk menyosialiasikan program Pemkab Banyumas.
‘Ini murni hasil donasi dari teman-teman, jadi siapa saja boleh ikut berbagi. Biasanya kami manfaatkan untuk kegiatan sosial. Karena sekarang ada pandemi covid-19, maka kami sepakat untuk membelikan masker. Kalau nasi bungkus menjadi kegiatan ‘Jumat Berkah’ yang sudah rutin dilaksanakan,’ ujarnya.
Sementara itu Suwardi, tukang becak yang biasa mangkal di Jalan Jend Gatot Subroto merasa senang diberikan masker dan nasi bungkus dari Komunitas Pesepeda Dinkominfo. Dirinya mengaku banyak mendapat pencerahan tentang bagaimana bahaya covid-19 dan cara pencegahannya.
‘Ya seneng sekali dapat masker dan nasi bungkus, apalagi dikasih informasi pencegahan virus corona. Kami juga sekarang sepi penumpang setelah ada corona, jadi sangat terbantulah ada yang memberi perhatian seperti ini. Semoga cepet hilang coronanya (covid-19), biar kami bisa aktivitas normal seperti dulu,’ tutur Suwardi.

 


Jumat, 17 Juli 2020