Kaur Umum Desa se-Kecamatan Baturraden Ikuti Bintek Sipades

Kabupaten Banyumas

BATURRADEN - Pemerintah Kecamatan Baturraden memberikan bimbingan teknis (Bintek) pengelolaan aset desa bagi aparat pemerintah desa di wilayah kecamatan setempat. Bintek diikuti 12 orang Kaur Umum, berlangsung di Aula Riptaloka Kecamatan Baturraden, Senin (31/8).

Materi bintek pengelolaan aset desa meliputi pelatihan sekaligus praktik penggunaan Aplikasi Sipades (Sistem Aset Desa). Aplikasi Sipades itu sendiri merupakan inisiasi Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Ditjen Bina Pemdes) Kemendagri RI.

"Kami mengundang narasumber dari Dinsospermasdes Kabupaten Banyumas untuk memberikan pencerahan kepada peserta Bintek," kata Camat Baturraden, Budi Nugroho.

"Kali ini saya datang bersama dua orang fasilitator, Yogi Saputra dan Sandy Rheza Pribadi, untuk mendampingi para peserta Bintek," kata Akhmad Saefudin SS ME, Kasi Pengelolaan Aset Desa pada Dinsospermasdes Kabupaten Banyumas.

Menurut Kasi Pemdes Kecamatan Baturraden, Haryanto, Aplikasi Sipades merupakan hal baru di kalangan aparat pemerintah desa sehingga mereka masih butuh bimbingan dan pendampingan.

"Saya senang sekali bisa ikut Bintek ini karena dilakukan dengan simulasi dan praktik. Saat menghadapi kesulitan, peserta dapat berkonsultasi secara langsung dengan fasilitator" kata Sukarjan, Kaur Umum Desa Kemutug Lor.


Senin, 31 Agustus 2020