Karangtaruna Desa Kecila Gelar Donor Darah

Kabupaten Banyumas

Banyumas - Karangtaruna Desa Kecila Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banyumas menggelar donor darah Rabu (09/09/2020) di balai desa setempat. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang digelar oleh karangtaruna desa Kecila.

Ketua Karang Taruna Desa Kecila Rohim Yunus mengatakan pelaksanaan kegiatan donor darah saat ini dibandingkan dengan sebelumnya. Pada bulan Juli 2020, 43 orang berhasil mendonorkan darahnya, sedangkan pada kegiatan ini berhasil mendapatkan 50 kantong darah.

"Kegiatan donor darah disini sempat vakum beberapa waktu. Maka untuk menggiatkan kembali aksi sosial ini Karangtaruna mengambil peran," kata Rohim Yunus

Mengingat penyelenggara karang taruna, 2 kegiatan terakhir diikuti para remaja, karena pemberitahuaan kegiatan dilakukan melalui Whatsapp Grup Karang Taruna, sehingga anggota Karang Taruna hampir seluruhnya hadir.

Kordinator Lapangan Devin Eko Santoso menjelaskan petugas PMI yang melaksanakan pengambilan darah sebanyak 7 petugas, dan semua pendonor mendapatkan menu makanan tambahan berupa susu cair, biskuit dan sari kacang hijau.

Devin menambahkan untuk pendonor aktif diberikan penghargaan oleh PMI mulai dari piagam dan souvernir bagi pendonor 10 kali donor, 25 kali,75 kali dan 100 kali.

"Pendonor 25 kali hingga 50 kali penghargaan diberikan bupati, pendonor 75 kali penghargaan diserahkan Gubernur dan bagi yang 100 kali mendonor penghargaan diserahkan Presiden," jelas Devin


Kamis, 10 September 2020