Pemkab Banyumas Raih Penghargaan Badan Publik Menuju Informatif

Kabupaten Banyumas

 

Pemerintah Kabupaten Banyumas meraih penghargaan sebagai Badan Publik menuju Informatif dalam anugerah pemeringkatan keterbukaan informasi publik di masa pandemi Covid-19 tahun 2020. Pengumuman penghargaan yang diberikan oleh Komisi Informasi Provinsi (KIP) Jawa Tengah ini dilakukan secara virtual, Rabu (16/12/2020).

Penghargaan tersebut diraih tak lepas dari komitmen Pemkab Banyumas dalam melaksanakan berbagai inovasi dan terobosan penanganan covid-19 serta suplai informasi ke masyarakat terkait perkembangan virus korona di Kabupaten Banyumas.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Banyumas, Yayah Setiyono mengatakan, Pemkab Banyumas sangat perhatian terhadap penanganan covid-19 di Banyumas.  Informasi terkait dinamika virus corona di Kabupaten Banyumas secara rutin dan berkala disampaikan malalui berbagai saluran informasi, seperi website, media sosial, serta beberapa aplikasi yang mudah diakses oleh masyarakat.

“Selain di portal covid19.banyumaskab.go.id, masyarakat juga bisa mengakses ke aplikasi Banyumas Bebaas Covid (MasBasid), Siji Wong Siji Jaga (Jiwongjiga) atau juga bisa melalui layanan telepon posko terpadu pecegahan dan penanganan Covid-19,” kata Yayah.

Ketua KIP Jateng, Sosiawan dalam sambutannya mengemukakan bahwa di masa pandemi in, informasi yang tidak akurat justru lebih cepat penetrasinya dalam masyarakat.  Ia meminta agar layanan publik harus tetap berjalan dengan baik, selain itu keterbukaan dan ketersediaan informasi harus menjadi etos kerja dalam rangka mewujudkan good governance.

Semenatar itu Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo menyatakan secara tegas bahwa integritas informasi harus selalu dijaga. Masyarakat sekarang bisa mengakses informasi dengan cepat. Karenanya, badan publik harus mampu menyediakan data dan informasi yang bisa menjadi rujukan dan mudah diakases.

"Tugas kita adalah mencatat data secara presisi dan menyampaikan informasi secara kredibel," ujar ganjar.

 


Kamis, 17 Desember 2020