Pembangunan Puskesmas Baturraden 2 Akhirnya Dimulai

Kabupaten Banyumas

BANYUMAS : Setelah tertunda dua kali, Pembangunan Puskesmas Baturraden 2 akhirnya dimulai Senin (17/06/2021) di Komplek Mandala Wisata Karangtengah Baturraden. Peletakan batu pertama pembangunan Puskesmas tersebut dilakukan secara bergantian oleh Bupati Banyumas Achmad Husein, Ketua DPRD dr Budhi Setiawan, Wakil Bupati Sadewo Tri Lastiono, Kepala Dinas Kesehatan Sadiyanto dan Camat Baturraden Budi Nugroho.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas mengatakan bahwa Pembangunan Puskesmas Baturraden 2, terunda sebanyak dua kali. Pada tahun 2018 dana siap tetapi masalah kepemilikan tanah masih bermasalah sehingga pembangunan dialihkan ke Puskesmas Sumpiuh. Kemudian pada tahun 2020 sudah dianggarkan tetapi terkena refokusing sehingga pembangunan batal dilakukan.

“Ini harapan seluruh karyawan dan tenaga kesehatan dari Puskesmas Baturraden 2 Pak Bupati. Karena selain Puskesmas Cilongok 2, Puskesmas ini sudah dikatakan paling tidak baik. Sehingga kami berterima kasih kepada Bapak Bupati, Bapak Ketua DPRD, dan Bapak Wakil Bupati, bersama-sama mengawal sehingga meski masih pandemi akhirnya tahun ini pembangunan dapat dimulai,” kata Sadiyanto.

Kepala Dinas Kesehatan ini berkisah untuk Puskesmas Baturraden 2 ini, bahkan tembok belakang pernah roboh, namun masih bersyukur robohnya keluar ruang.

“Beruntung robohnya kesawah belakang Puskesmas sehingga temen-teman selamat,” lanjutnya.

Sadiyanto menambahkan bahwa Banyumas memiliki 40 Puskesmas 38 bisa sudah dibilang layak. Setelah Baturraden 2 ini masih punya PR lagi yaitu Puskesmas Cilongok 2 dan penambahan Puskesmas baru, yang direncanakan di Kecamatan Kedungbanteng dan Purwokerto Selatan.

“Di Kecamatan Kedungbanteng penduduknya sudah mencapai 85 ribu lebih, padahal Puskesmas ideal hanya melayani penduduk sekitar 35 ribu,” jelasnya

Bupati Banyumas Achmad Husein memastikan tahun 2021 pembangunan Puskesmas ini dilaksanakan meski ada refokusing. Karena rencana pembangunan ini sudah direncanakan sejak ia masih berpasangan dengan Ketua DPRD dr Budhi Setiawan sebagai Wakil Bupati.

“Puskesmas ini sudah direncanakan dibangun sejak sekitar tahun 2013/214 namun karena suatu hal, terutama kepemilikan tanah, selalu tertunda sampai saat ini bisa dilaksanakan,” katanya

Bagusnya bangunan Pusekemas di Banyumas, Bupati sempat mendapat pujian dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pramowo, saat berkunjung di Puskesamas Sokaraja 2 beberapa waktu lalu yang menyebutkan Puskesmasnya bagus. Bupati menyampaikan Puskesmas lain bannyak yang lebih bagus, dan dari 40 Puskesmas hanya 2 yang belum seperti Puskesmas Sokaraja ini.

Bupati juga mengakui ide dasar pembangunan Puskesmas berasal dari dr Budhi Setiawan saat menjadi Wakil Bupati yang membangun Puskesmas Cilongok 1. Namun dalam perkembangan Puskemas yang lain bahkan dibangun lebih bagus lagi karena luasan tanah memungkinan.

“Pembangunan Pukesamas jaman dulu kan hanya sesuai permintaan desa, sehingga asal bangun. Sehingga pola bangunan bermacam-macam dan pengembangan juga asal nambah. Kalo mulai Pembangunan Puskesmas Cilongok 1, kriteria layak itu mulai dari luasan tanah, kemudian bangunan hampir terlihat sama agar setiap orang tahu bahwa bangunan dengan type itu Puskesmas,” kata Budhi Setiawan Ketua DPRD Kabupaten Banyumas.


Kamis, 17 Juni 2021