Ketua TP PKK Banyumas bersama Pramuka Berbagi Nasi kepada Warga

Kabupaten Banyumas

Meningkatnya penyebaran virus corona memberikan dampak besar bagi kehidupan masyarakat di Indonesia. Terutama saat diterapkannya PPKM Darurat dua pekan terakhir, banyak warga yang tidak mendapat penghasilan dan bahkan mereka kehilangan mata pencaharian karena tempat usaha ditutup, ditambah penyekatan jalan diberlakukan. Keadaan tersebut menimbulkan kesulitan ekonomi bagi warga.

Menyikapi hal tersebut Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Banyumas Ny Erna Sulistyawati Achmad Husein, mengajak semua pihak untuk saling membantu atau “Jogo Tonggo”. Jogo Tonggo merupakan gerakan yang dilandaskan semangat solidaritas masyarakat yang saling menjaga dan membantu dalam segala hal. Kegiatan kali ini PKK menggandeng Pramuka untuk membagikan nasi kepada tukang parkir, tukang becak dan warga yang isoman, Sabtu (17/07/2021). Pembagian kali ini menyusuri Jl Jenderal Soedirman Barat hingga Pasar Karanglewas.

"Jogo tonggo dengan cara membeli nasi kotak atau rames dari pedagang yang terdampak, untuk dibagikan kepada warga yang terdampak juga seperti tukang parkir, tukang becak dan warga yang isoman. Donatur pertama ini dari Bapak Bupati, besok Wakil Bupati, besoknya Sekda dan seterusnya hingga asisten dan kepala OPD. Pembagian nasi kisaran 100-200 bungkus per hari, untuk warga Purwokerto dan sekitarnya," jelasnya.

Ketua TP PKK ini juga mengajak PKK kecamatan, dapat melaksanakan kegiatan serupa dengan melibatkan para warga yang mampu disekitar atau CSR pengusaha lokal kemudian untuk didistribusikan kepada warga yang terdampak khususnya isoman. Ia juga mensyaratkan penjual nasi/rames yang akan dibagikan harus higienis.

"Kami juga berharap para ASN terlibat dalam kegiatan ini. Dengan berjalannya program ini akan sedikit membantu para pedagang nasi rames akan kita beli secara bergantian dan masyarakat yang membutuhkan khususnya Isoman dapat dibantu, pemenuhan makanannya dengan tetap melibatkan warga sekitar," pungkasnya.


Minggu, 18 Juli 2021