ASN, PKK dan Pramuka Banyumas Bagikan Makanan ke Warga Terdampak

Kabupaten Banyumas

ASN, PKK dan Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas berkolaborasi untuk membagikan makanan siap santap kepada para warga yang sedang menjalani isoman dan warga yang terdampak Covid 19 di Wilayah Kota Purwokerto. Kegiatan tersebut sebagai upaya membantu pemerintah meringankan beban warga yang terpapar Covid-19. Pembagian sudah dilakukan hampir dua pekan sejak tanggal 17 Juli 2021.

Sekretaris Bidang Abdimas, Heriana Adi Candra mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk peran aktif Pramuka Banyumas di masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Banyumas. Mengingat, masih tingginya kasus korona ditambah adanya perpanjangan PPKM Darurat diperlukan kepedulian seluruh elemen masyarakat.

"Saat ini kami diajak bekerja sama dengan Bagian Kesra Setda Banyumas dan Tim Penggerak PKK Kabupaten untuk mendistribusikan makanan tersebut. Penanganan Covid-19 dan dampaknya tidak hanya menggantungkan pada pemerintah saja, namun kepedulian semua pihak, termasuk Pramuka" katanya Rabu (28/7/2021).

Dalam kegiatan ini Bagian Kesra Setda Banyumas, mengumpulkan dan menggalang dana dari Pengurus PKK dan pejabat Banyumas mulai dari Bupati, Wakil Bupati, Sekda, Para Asisten dan Kepala OPD, secara bergantian.

"Kami mengkoordinir bantuan baik berupa uang maupun natura berupa makanan siap santap berupa nasi bungkus/rames yang dibeli dari pedagang yang terkena dampak PPKM Darurat, kemudian dibagikan kepada warga yang isoman dan warga yang sedang beraktivitas di jalan seperti tukang becak, tukang parkir, pedagang kaki lima dan lainnya," kata Kabag Kesra Suwondo.

Makanan yang diberikan rata rata 200 dus setiap harinya, dengan menyusuri jalan di Purwokerto dan sekitarnya secara bergantian juga warga isoman yang sudah didaftarkan oleh pemerintah kelurahan maupun Satgas Covid-19. Suwondo menambahkan setelah para pejabat, giliran berikutnya adalah ASN Banyumas juga akan ikut membantu pengadaan nasi box tersebut.

Sementara Ketua TP PKK Kabupaten Banyumas Ny Erna Husein mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh ASN dan Pramuka Banyumas yang bekerja sama dengan PKK. Menurutnya bantuan tersebut sangat berarti bagi warga terutama mereka yang sedang menjalani isoman karena terpapar Covid-19 dan pekerja yang mengalami kesulitan.

"Jadi memang, penanganan pandemi ini tidak hanya tugas pemerintah saja. Perlu kerja sama dan kepedulian dari semua pihak. Termasuk yang dilakukan oleh pejabat dan ASN dari masing-masing dinas secara bergantian, Pramuka dan TP PKK Kabupaten Banyumas ini. Saya berharap lembaga-lembaga lain juga ikut bergerak bersama," katanya.


Rabu, 28 Juli 2021