Dr. Arfianto Resmi Dilantik Sebagai Rektor Institut Teknologi Telkom Purwokerto

Kabupaten Banyumas

Tepat pada hari ini, Senin, (2/8), telah dilakukan Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Rektor Institut Teknologi Telkom Purwokerto Periode 2021 - 2025. Dr. Arfianto Fahmi, S.T., M.T., IPM adalah Rektor terpilih yang resmi menggantikan Dr. Ali Rokhman, M.Si. Setelah genap 4 tahun menjabat sebagai Rektor ITTP periode 2017 - 2021, Dr. Ali Rokhman, M.Si, mengakhiri masa jabatannya dan kembali mengabdi sebagai dosen di Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.

Rektor baru ITTP, Dr. Arfianto terpilih setelah mengikuti serangkaian proses pemilihan Rektor yang dihelat sejak bulan April hingga Juli 2021 lalu. Proses pemilihan Rektor diawali dengan penjaringan bakal calon, kemudian pemaparan visi dan misi Calon Rektor. Berikutnya, Senat ITTP melakukan penilaian dan mengusulkan nama calon Rektor kepada Yayasan Pendidikan Telkom. Hingga kemudian diputuskan dan ditetapkan Rektor definitif oleh Yayasan Pendidikan Telkom Bandung.

Acara Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Rektor yang diselenggarakan secara virtual melalui Zoom Meeting dan Youtube ini, turut dihadiri oleh Bp. Ir. Sindhu Aryanto (Ketua Yayasan Pendidikan Telkom); Prof Dr. Ir. Muhammad Zainuri, DEA (Ketua LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah); Ir. Achmad Husein (Bupati Banyumas); serta Prof. Dr. Ir. Suwarto, M.S. (Rektor Unsoed).

Dalam sambutannya, Kepala LLDIKTI VI Wilayah Jateng turut menyampaikan ucapan kepada Rektor baru. "Selamat kepada Dr. Arfianto yang pada hari ini telah resmi dilantik sebagai Rektor ITTP, serta apresiasi untuk Dr. Ali Rokhman yang telah menjalankan amanah selama tahun 2017-2021 dengan berbagai prestasi yang telah diukir. Semoga Dr. Arfianto dapat mengembangkan langkah - langkah yang lebih strategis dalam meningkatkan akreditasi, penjaminan mutu internal dan profesionalitas SDM", pesan Prof Zainuri.

Selama empat tahun menjabat sebagai Rektor ITTP, Dr. Ali Rokhman telah menorehkan banyak sekali prestasi. Dalam dua tahun pertamanya (2017 - 2018), beliau memperluas jejaring ITTP dengan menginisiasi berbagai kerjasama dengan perguruan tinggi di luar negeri. 2019, beliau mengantar ITTP mendapatkan hasil akreditasi perguruan tinggi dengan status “Baik Sekali” dari BAN-PT.

Beliau juga cukup eksis dan seringkali diundang sebagai pembicara pada berbagai forum, salah satunya forum Indonesia - China “Forum on Development of China - Indonesia”. Yang terbaru, yakni di tahun 2021 ITTP berhasil menduduki Peringkat ke-2 Perguruan Tinggi di Indonesia dalam ajang World’s Universities with Real Impact (WURI).

Ketua YPT, Sindhu Aryanto juga berharap dibawah kepemimpinan Dr. Arfianto ITTP dapat semakin berkibar serta mampu mempertahankan prestasinya. "Yayasan tentu akan selalu memberikan support ITTP untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian tentunya, serta infrastruktur pembelajaran dan serapan alumni dengan bekerja sama dengan berbagai pihak"

Tak lupa, Bupati Banyumas Ir. Achmad Hussein sebagai pimpinan daerah juga turut memberikan ucapan atas Pelantikan Rektor ITTP melalui video.

Pelantikan dan Sertijab Rektor ITTP berlangsung dengan khidmat dan dihadiri oleh sejumlah pimpinan mitra dari perguruan tinggi, industri, dan perbankan serta dosen, karyawan dan mahasiswa ITTP. Acara ditutup dengan foto bersama serta penyerahan kenang - kenangan untuk Dr. Ali Rokhman dari civitas akademika.

-HUMAS ITTP-


Selasa, 03 Agustus 2021