PEMDES KARANGBAWANG AJIBARANG TERIMA BANTUAN BERAS PPKM

Kabupaten Banyumas

AJIBARANG – Kehadiran pemerintah dalam kehidupan masyarakat adalah hal yang mutlak harus dilakukan oleh pemerintah itu sendiri. Kehadiran yang bisa dilakukan dengan berbagai bentuk, baik berupa aturan maupun hal yang langsung berwujud nyata. Salah satunya terealisasi dalam penerimaan bantuan beras dari pemerintah kepada warga Desa Karangbawang Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. Penerimaan bantuan berupa pengiriman paket beras yang dikirim langsung ke Balai Desa Karangbawang dan diterima oleh perangkat desa setempat.

Gatot Prayitno, Kepala Seksi (Kasi) Kesejahteraan mengatakan pada Kamis (5/8/2021) pagi ini Desa Karangbawang menerima bantuan beras bulog dari pemerintah pusat yaitu Kementerian Sosial Republik Indonesia.Dia menjelaskan bahwa penerima bantuan adalah warga-warga yang namanya terdaftar dalam Program Keluarga Harapan (PKH) dan Penerima Bantuan Sosial Tunai (BST).

“Per kepala keluarga atau per by name menerima 10 kilogram beras” jelas dia terkait jatah yang akan diterima warga.

Gatot mengatakan pemberian bantuan ini merupakan kegiatan tambahan dari yang biasanya penerimaan uang pada kegiatan BST kali ini ditambah beras dari pemerintah karena melanjutkan program PPKM untuk menanggulangi warga yang kekurangan sembako dan tambahan untuk penerima PKH.

Masih menurut Gatot, pemberian bantuan sembako ini baru yang pertama kali di tahun 2021, sementara ditahun 2020 juga pernah ada pemberian bantuan sembako pernah ada satu kali juga.

“Untuk penerima BST 136 untuk PKH 456,” katanya

Terkait data penerima Gatot menyampaikan bahwa data warga yang berhak menerima bantua adalah data by name penerima yang berasal dari data Kemensos yang dulunya merupakan data dari desa.


Kamis, 05 Agustus 2021